FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
7 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

7 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Paling Banyak Dikunjungi Wisatawan

Tempat wisata di Indonesia yang paling banyak dikunjungi
Indonesia memang terkenal dengan keindahan alam dan wisatanya, banyak sekali lokasi wisata yang bisa anda kunjungi. Dari sabang sampai merauke mempunyai potensi wisata yang sangat sayang untuk terlewatkan.

Namun dari sekian banyak objek wisata yang ada di Indonesia, ada beberapa lokasi yang menjadi tujuan favorit wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara. Sehingga tempat-tempat tersebut selalu ramai dikunjungi, terutama pada musim liburan.

Berikut 7 Tempat Wisata Di Indonesia Yang Paling Ramai Dikunjungi


1. Bali


Siapa sih yang tidak mengenal Bali? Bali atau yang dikenal juga dengan sebutan Pulau Dewata ini tentu menjadi yang paling populer di Indonesia baik bagi wisatawan loka maupun mancanegara. Banyaknya lokasi wisata yang keren di Bali seperti Pantai Pandawa, Ubud,  Pantai Jimbaran,  Nusa Penida yang terletak di bagian tenggara pulau Bali, dan lainnya, membuat tempat ini selalu ramai dikunjungi, apalagi pas waktu libur panjang.

Banyaknya spot wisata yang indah serta adat budaya yang masih terjaga solah menjadi magnet tersendiri bagi Pulau Bali.


2. Bromo


Gunung Bromo juga tak kalah populer, salah satu tempat wisata di Indonesia yang sangat diminati oleh para wisatawan domestik maupun mancanegara. Memiliki ketinggian sekitar 2.329 meter diatas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang. 

Gunung Bromo juga dikenal sebagai objek wisata utama di Jawa Timur. Berstatus sebagai gunung berapi yang masih aktif menjadi salah satu daya tariknya.

Beberapa andalan wisata dari Gunung Bromo adalah Lautan Pasir, di alam pegunungan yang sejuk kamu dapat melihat padang pasir dan rerumputan yang luas. Dan yang paling ditunggu saat berada di Gunung Bromo adalah sightview ketika matahari terbit (SunRise) dan terbenam (SunSet) karena akan terlihat jelas sekali dan sangat indah.


3. Lombok


Pulau Lombok adalah sebuah pulau di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara yang dipisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa.

Dari segi keindahannya, Pulau Lombok tak kalah dengan Bali. Lombok juga mempunyai banyak objek wisata yang menakjubkan yang mampu menarik minat wisatawan untuk mengunjunginya.

Beberapa objek wisata seperti Pantai Senggigi, Gili Meno, Gili Air, Gili Trawangan dan Pantai Kuta menjadi wisata unggulan di Pulau Lombok ini. Serta adat dan budaya yang masih terjaga dengan baik juga menjadi daya tarik tambahan bagi sektor pariwisata pulau ini.


4. Danau Toba


Nama Danau Toba tentu sudah tak asing lagi bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara. Salah satu danau terbesar yang ada di Indonesia dan juga berstatus sebagai danau vulkanik terbesar di dunia tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Banyak wisatan lokal maupun manca negara yang datang ke sini, terutama pada musim liburan.

Danau Toba menjadi salah satu wisata alam andalan dan terpopuler di Sumatera Utara. Danau Toba ini mempunyai pemandangan yang sangat eksotik, mempunyai air biru jernih, dengan pegunungan hijau di sekelilingnya, dan udara yang sejuk. Banyak sekali spot yang keren di area danau ini, diantaranya ada Bukit Simarjarunjung yang sangat bagus untuk spot untuk mengambil foto dengan view danau toba, Air Terjun Sipiso-Piso, Menara Pandang Tele, Bukit Holbung, dan masih banyak lagi.

Di tengah Danau Toba terdapat sebuah pulau kecil berpenghuni bernama Pulau Samosir, luasnya kurang lebih 647 kilometer persegi. Pulau ini menjadi pusat wisata Danau Toba.  Disini kamu bisa menikmati indahnya danau toba dan menikmati sajian adat budaya Batak toba.


5. Yogyakarta


Salain dikenal dengan julukan kota pelajar,  Yogyakarta juga terkenal di tingkat nasional dan internasional sebagai tempat tujuan wisata andalan di Indonesia. Keanekaragaman upacara keagamaan, dan budaya dari berbagai agama serta didukung oleh kreativitas seni, dan keramahtamahan masyarakat, membuat DIY mampu menciptakan produk-produk budaya, dan pariwisata yang menjanjikan.

Ada banyak lokasi wisata yang bisa dikunjungi saat berada di Yogyakarta seprti Candi Prambanan dan Candi Borobudur yang telah menjadi tujuan utama wisatawan. Ditambah dengan banyaknya wisata baru di sebelah selatan provinsi ini seperti Pantai Indrayanti yang berada di Gunung Kidul, Puncak Becici, Mangunan dengan pemandangan eksotisnya dan Goa Pindul sebagai tempat wisata unik khas Yogyakarta.


6. Labuan Bajo


Indonesia bagian timur memang mempunyai potensi wisata yang tak habisnya, salah satunya adalah Labuan Bajo. Berlokasi di kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia. Selain sebagai kota nelayan kecil, Labuan Bajo saat ini juga telah menjadi salah satu pusat pariwisata teramai di Flores. Banyak wisatawan lokal dan mancanegara yang datang ke lokasi ini. Kota ini adalah titik singgah bagi wisatawan yang ingin melakukan perjalanan ke Pulau Komodo. 

Meningkatnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Pulau Komodo membuat pengelola mendirikan banyak fasilitas tambahan seperti hotel berbintang di Labuan Bajo sebagai upaya meningkatkan kenyamanan para wisatawan.

Wisata unggulan seperti Pulau Padar, Pulau Kanawa, Manta Point, Taka Makassarh hingga Pulau Komodo yang terkenal sebagai habitat asli Komodo, spesies kadal terbesar di dunia. Di Pulau Komodo, hewan komodo hidup dan berkembang biak dengan baik karena habitatnya sudah dijadikan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat. Pulau Komodo juga diterima sebagai Situs Warisan Dunia UNESCO, karena dalam wilayah Taman Nasional Komodo, bersama dengan Pulau Rinca, Pulau Padar dan Gili Motang.
Keindahan alam, pantai dan spesies Komodo nya menjadi daya tari tersendiri bagi para wisatawan.


7. Raja Ampat


Raja Ampat juga menjadi salah satu tempat wisata populer yang ada di Indonesia, terkenal akan bawah lautnya. Kepulauan Raja Ampat merupakan empat gugusan pulau yang berdekatan dan berlokasi di bagian Kepala Burung (Vogelkoop) Pulau Papua, Papua Barat. Kepulauan ini menjadi tujuan para penyelam yang tertarik akan keindahan bawah lautnya.

Kepulauan Raja Ampat merupakan tempat yang sangat berpotensi untuk dijadikan sebagai objek wisata, terutama wisata penyelaman. Perairan Raja Ampat menurut berbagai sumber, merupakan salah satu dari 10 perairan terbaik untuk diving site di seluruh dunia. Bahkan mungkin juga diakui sebagai yang nomor satu untuk kelengkapan flora fan fauna bawah air pada saat ini. Ada beberapa kawasan terumbu karang yang masih sangat baik kondisinya dengan persentase penutupan karang hinga 90% yaitu di selat Dampler (selat antara Pulau Waigeo dan Pulau Batanta), Kepulauan Kofiau, Kepulauan Misool Tenggara dan Kepulauan Wayag. Sungguh Surga Bawah Laut.

Walaupun kebanyakan wisatawan yang datang ke Raja Ampat saat ini adalah para penyelam, sebenarnya lokasi ini juga menarik bagi turis non penyelam karena juga memiliki pantai-pantai berpasir putih yang sangat indah, gugusan pulau-pulau nan mempesona dan flora-fauna unik seperti Cendarwasih merah, Cendrawasih Wilson, Maleo Waigeo, beraneka burung kakatua dan nuri, kuskus waigeo, serta beragam jenis anggrek yang menambah keindahan Raja Ampat ini.

Mengunjungi Kepulauan Raja Ampat ini tidaklah terlalu sulit walau memang memakan waktu dan biaya yang cukup besar.

Itulah beberapa tempat wisata di Indonesia yang paling banyak dikunjungi oleh wisatawan, karena memang tempat-tempat yang telah disebutkan di atas adalah yang paling populer.

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Dan dari sekian banyak itu ke Yang sering disambangi cuma Yogyakarta karena yang lainnya mahal hahahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apalagi Raja Ampat lumayan menguras kantong, tapi terbayar dengan keindahannya hehe

      Delete

Post a Comment