FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Jangan Pernah Campur Detergen dan Pemutih Saat Mencuci, Karena Hal Mengerikan Ini Bisa Terjadi

Jangan Pernah Campur Detergen dan Pemutih Saat Mencuci, Karena Hal Mengerikan Ini Bisa Terjadi

Inilah bahaya mencampur detergen dengan pemutih pakaian
Informasi penting bagi Anda, terutama untuk para ibu-ibu rumah tangga yang sering mecuci pakaian dirumah agar memperhatikan hal berikut ini, yaitu jangan pernah mencampur pemutih pakaian dengan detergen apapun karena bisa berakibat fatal.

Membersihkan rumah memang hal yang sangat mnyenangkan, dan termasuk aktivitas yang hampir kebanyakan orang lakukan. Seperti mencuci pakaian, namun ada hal yang perlu Anda perhatikan ketika sedang mencuci pakaian jangan sampai salah langkah dan berakibat fatal.

Saat mencuci pakaian jangan pernah sekali-kali mencampurkan pemutih dengan detergen apapun karena keduanya merupakan bahan kimia yang jika dicampur akan menimbulkan hal mengerikan.

Seperti dikutip dari Word of Buzz dari The Poiseon National Malaysia, sabtu (6/7/2019) baru-baru ini terjadi sebuah insiden. Seorang ibu rumah tangga tewas keracunan parah setelah mencampur pemutih pakaian dan detergen. Perlu Anda ketahui pemutih mengandung Sodium Hiproklorit sedangkan detergen mengandung Asam Klorida. Jika keduanya mengalami pencampuran maka akan menghasilkan gas klor yang sangat beracun.

Baca juga: 4 Cara Mengobati Radang Amandel Secara Alami
Baca juga: 5 Minuman Yang Bisa Membantu Menghilangkan Stres

Gas ini berwarna kehijauan dan jika terhirup akan menyebabkan gejala seperti batuk berat, kesulitan bernapas, nyeri dada dan tenggorokan, mual dan muntah serta sakit kepala parah. Jika terpapar dalam waktu lama, bahkan di ruang tertutup bisa berakibat fatal dan berakhir dengan kematian. Menurut Huffpost, Cloramine mudah menguap yang artinya akan membentuk gas yang sewaktu-waktu bisa Anda hirup.

Selain itu, Anda perlu memperhatikan label ketika akan mencampurkan bahan pembersih umum dengan memperhatikan kandungan Sodium Hypoclorite. Ini ditemukan pada banyak pemutih rumah tangga dan desinfektan lainnya, Sodium Hypoclorite bereaksi terhadap amonia.

Biasanya paparan gas klor dalam level rendah dan periode waktu tertentu hampir selalu mengiritasi selaput lendir (mata, tenggorokan, dan hidung).

Ini menyebabkan masalah ganguan pernapasan seperti batuk, dan sensasi mata terbakar, serta berair. Tingkat paparan yang lebih tinggi dapat menyebabkan nyeri dada, kesulitan bernapas, muntah, pneumonia, hingga kematian.

Tak hanya itu, Klorin juga bisa diserap melalui kulit dan menghasilkan rasa sakit, peradangan, pembengkakan, dan lepuh. Bahkan Asam klorida juga bisa menyebabkan luka bakar pada kulit, mata, hidung, tenggorokan, mulut, serta paru-paru.

Nah, setelah mengetahui bahaya mencampur detergen dengan pemutih, sebaiknya jangan sekali-sekali mencobanya karena sangat berdampak buruk bagi kesehatan.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment