FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Yakin Gak Butuh Brand? Inilah Pentingnya Brand Untuk Bisnis Anda

Yakin Gak Butuh Brand? Inilah Pentingnya Brand Untuk Bisnis Anda

Pentingnya membangun brand dalam bisnis
Dalam bisnis ternyata tidak cukup dengan hanya menguasai ilmu marketing dan menjual produk saja. Yang penting jualan, yang penting laku, dan dapat untung. Ini namanya bukan bisnis, tapi sekedar jualan saja.

Membangun bisnis jauh lebih dari pada itu, dan salah satu yang sangat penting dalam bisnis adalah membangun brand.

Apa itu Brand?


Brand bukan sekedar merek, tapi lebih mencakup kepada keseluruhan produk dan bisnis Anda mulai dari sisi fisik hingga sisi emosional.

Brand adalah apa yang tertanam dalam benak konsumen tentang produk atau bisnis Anda.

Baca juga :
- 10 Tips Sukses Memulai BisnisUntuk Pemula
- Kesalahan Fatal Menganggap Brand Adalah Merek

Sebelum kita lanjut pembahasan tentang brand, coba Anda simak cerita berikut ini.

Jebakan Betmen

"Si Udin punya pabrik sepatu, sepatu buatan udin berkualitas bagus dan kuat. Sepatu buatan udin diberi merek Udindas. singkatan dari UDIN DAgang Sepatu. Karena kulitasnya bagus udindas laku keras banyak diminati oleh konsumen, termasuk para artis pantura banyak sekali yang memakainya.

2 tahun kemudian si udin bermaksud mengembangkan usaha, dana yang dibutuhkan kira kira sekitar 1 milyar. Karena si Udin tidak mau berurusan dengan bank, si Udin bermaksud menawarkan kerjasama dengan seseorang untuk bermitra.

Singkat cerita si Udin ketemu dengan Prawiro Gondokusumo pemilik perusahaan Gondoliver. Alih alih butuh 1 Milyar si Gondoliver menawarkan 1,5 Milyar dengan konsekwensi Brand Udindas dibeli sekalian dengan perjanjian Brand Udindas menjadi milik Gondoliver, Si udin pabriknya.

Si Udin silau, diterimalah tawaran tersebut, karena si udin hanya berfikir bahwa dia masih dapat dari hasil pabriknya.

3 tahun berselang karena sesuatu dan lain hal, pabrik si udin bangkrut, dinyatakan pailit dan terpaksa tutup. Yang pailit adalah pabrik si Udin yang selama ini menyuplai sepatu Udindas untuk Gondoliver.

Apakah Brand Udindas langsung hilang di pasaran?

Tentu tidak, brand Udindas tetap berkibar bahkan besar. Gondoliver  mencari udin udin yang lain. Gondoliver akan mencari siapun yang bisa produksi sesuai standarisasi.

Sementara pabrik si udin udah kandas entah kemana. Bahkan kabarnya saat ini si Udin membuka jasa fotokopi dan perpanjangan stnk untuk menyambung hidupnya."

Dari cerita di atas kita bisa ambil kesimpulan bahwa brand itu penting dan sangat berharga. Brand adalah aset tidak terlihat yang nilanya bisa jauh melebihi aset fisik yang anda punya, kalo kata para pakar Intangible aset. Sedihnya banyak teman-teman UMKM yang gak aware akan itu.

Konsumen tidak perduli lagi siapa yang memproduksi.
Konsumen hanya peduli Brand apa yang nyaman dia konsumsi.

Brand Adidas dan Nike

Jika cerita di atas hanya sebuah gambaran saja, sekarang kita coba mengambil contoh lain yang lebih kongkrit, sebut saja sepatu Adidas dan Nike.

Kedua merek sepatu ini mempunyai brand yang kuat dibenak konsumen, sepatu berkelas, berkualitas dengan harga yang mahal. Sepasang sepatu merek Nike dibandrol dengan harga jutaan rupiah, dan tetap laris di pasaran.

Kok bisa? Ya, karena konsumen tidak sekedar membeli sepatu, tapi juga 'gengsi' yang dia dapatkan.

Untuk kualitas produk sepatu lainnya dengan harga 300 ribuan sebenarnya tak kalah bagus dengan sepatu Adidas ataupun Nike, tapi demi gengsi yang didapatkan konsumen mau membayar lebih mahal.

Artinya, harga 'gengsi' jauh lebih tinggi daripada produknya.

Nah, disitulah pentingnya membangun brand agar bisa menyentuh sisi emosional konsumen.

Punya brand ga harus punya pabrik, kita bisa memulainya dengan:
  • Menciptakan atau menemukan market yang tepat 
  • Mencari produk yang akurat
  • Mencari supplier yang kuat
  • Dan membangun brand dengan semangat
So, Yakin gak butuh brand!?

Have grades day

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment