5 Fakta Mengenai Hari Raya Idul Adha Yang Harus Kamu Tahu

Iklan 728x90

5 Fakta Mengenai Hari Raya Idul Adha Yang Harus Kamu Tahu

Fakta menarik tentang idul adha
Hari raya idul fitri telah berlalu, salah satu hari raya umat islam yang sangat dinantikan bagi seluruh umat muslim di dunia, terlebih di Indonesia. Hari raya ini menjadi momen bersilaturahim dengan keluarga besar yang menjadi tradisi bagi umat muslim di nusantara.

Tidak hanya idul fitri, di dalam islam terdapat 2 hari raya besar, yaitu Idul Fitri dan Idul Adha.

Pada bulan Agustus 2019 (10 Dzulhijjah) insyaAllah Hari Raya Idul Adha tiba, hari raya yang identik dengan pelaksanaan ibadah kurban dan Haji ini sangat ditunggu oleh umat islam di seluruh dunia.

Perayaan Hari Raya Idhul Adha secara garis besar hampir sama seperti merayakan Idul Fitri, diawali pada pagi hari melakukan Shalat Ied dengan berjamaah yang bisa dilakukan di tanah lapang ataupun di masjid. Setelah shalat, dilakukan penyembelihan hewan kurban. Namun ada beberapa hal yang menarik yang ada pada perayaan hari raya idul adha.

Berikut 5 Fakta Menarik Tentang Hari Raya Idul Adha


1. Dirayakan setiap Bulan Dzulhijjah

Hari raya Idul Adha di rayakan setiap bulan Dzulhijjah. Dzulhijjah adalah bulan ke-12 dalam penanggalan hijriyah (tahun islam), didalam bulan ini terdapat beberapa kegiatan penting Umat Islam. Selain melaksanakan hari raya Idul Adha, Ibadah haji juga dilakukan setiap tahunnya pada bulan ini.

2. Melaksanakan Sholat Sunnah Idul Adha

Sama seperti hari raya Idul Fitri, pada pagi hari setelah waktu subuh (Biasanya dilakukan sekitar pukul 06.00 WIB) pada tanggal 10 Dzulhijjah umat Islam juga melakukan shalat ied.  Shalat ini masuk dalam kategori shalat sunnah yang mana dilakukan 2 rokaat dengan khotbah diakhir shalat.

3. Penyembelihan hewan kurban

Sebagian umat islam menyebut Idul Adha dengan sebutan hari raya kurban. Karena Inti dari Idul Adha adalah penyembelihan hewan kurban, hewan yang boleh disembelih juga sudah ditentukan. Contoh hewan yang boleh disembelih untuk berkurban antara lain Sapi, Kambing, Unta, Kerbau, dan Domba. Hewan kurban di setiap negara juga berbeda-beda, tergantung letak geografis dan kebiasaan konsumsi daging di setiap negara.

Kalau di Indonesia, Sapi dan Kambing adalah hewan kurban utama.

4. Ibadah Haji

Selain sebutan hari raya kurban, Idul Adha juga biasa disebut dengan hari raya Haji, keran bertepatan pada bulan dzulhijjah juga biasa disebut bulan haji. Karena pada bulan ini berkumpulnya seluruh umat islam di Mekkah untuk melaksanakan ibadah ini.

Ibadah Haji adalah salah satu Kewajiban bagi umat Islam yang harus dilakukan setidaknya sekali seumur hidup. Lebih khususnya, ibadah Haji diwajibkan bagi semua orang Muslim dewasa yang secara fisik dan finansial mampu melakukan perjalanan, dan dapat mendukung keluarga mereka selama ketidakhadiran mereka.

5. Silaturahmi dengan keluarga besar

Hampir sama dengan perayaan hari raya Idul Fitri, saat Idul Adha juga ada tradisi silaturahmi dengan keluarga, saudara ataupun teman dekat. Biasanya dilakukan oleh keluarga yang lebih muda mengunjungi saudara yang lebih tua. Tradisi silaturahmi ini adalah tradisi khas di hari raya.

Cukup menarik bukan fakta-fakta mengenai perayaan Idul Adha.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment