FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Update Algoritma Google 2019, Ini Yang Perlu Dilakukan Oleh Pemilik Website atau Blog

Update Algoritma Google 2019, Ini Yang Perlu Dilakukan Oleh Pemilik Website atau Blog

Update algoritma google 2019
Seperti yang kita tahu, bahwa google telah melakukan update pada algoritma nya pada tahun 2019 ini. Tidak hanya sekali, bahkan sudah dua kali, yaitu pada bulan Maret 2019 dan yang kedua terjadi pada bulan Juni 2019. Akibat dari update algoritma ini membuat peringkat hasil pencarian di halaman satu google berubah. Terutama pada website atau blog dengan Niche tertentu, seperti website kesehatan, website jual beli, dan website investasi.

Dikutip dari laman Defriansyah.net, Dari hasil analisa, ternyata website kesehatan yang paling parah terkena dampak dari update algoritma ini. Banyak website-website kesehatan yang turun peringkat, bahkan menghilang dari halaman satu google. Halaman satu google berubah, diisi oleh website-website kesehatan yang memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi seperti alodokter, hellosehat, dan website sejenisnya.

Update Algoritma Google Yang Pertama Bulan Maret 2019


Melihat dari hasil update pada bulan maret 2019 lalu, sebenarnya maksud google ini baik, mereka ingin menampilkan artikel-artikel kesehatan yang ditulis oleh orang-orang yang memang ahli dibidangnya. Sehinggga para pengguna (pembaca) benar-benar mendapatkan informasi yang valid saat mereka mencari informasi obat dari suatu penyakit.

Bayangkan saja, jika seseorang sedang mencari informasi tentang kesehatan, ternyata mereka membaca artikel yang salah dan menyarankan obat-obatan yang salah. Bukannya sembuh dari penyakit, bisa-bisa penyakitnya tambah parah. Inilah sisi positifnya dari update algoritna google kemarin.

Baca Juga : Cara Meningkatkan SEO Dengan Konten

Lalu kenapa website seperti alodokter dan sejenisnya menjadi prioritas dari google sehingga ditampilkan pada halaman satu? Jawabannya adalah, website-website ini memiliki informasi yang lengkap tentang siapa orang yang ada dibalik website ini. Dan orang-orang yang mengelola website ini adalah orang yang benar-benar ahli dibidang kesehatan. Nama, gelar, dan keahlian dari pengelola website tercantum dengan jelas.

Update Algoritma Kedua Bulan Juni 2019


Defriansyah mengungkapkan bahwa dia belum banyak mengetahui hal apa saja yang terjadi pada update algoritma google di bulan juni 2019 ini, dikarenakan udate masih berjalan, kita akan lihat hasilnya dalam beberapa minggu kedepan, ujarnya. Namun dia menambahkan, dari informasi yang dia dapat bahwa update google bulan juni 2019 ini ada 2 apdate algoritma yang berbeda.

Update yang pertama mengarah ke backlink spam atau disebut juga unnatural link. Dan yang kedua google membatasi jumlah halaman website yang muncul di halaman pertama dengan kata kunci yang sama.

Pernahkah anda saat mengetikan salah satu kata kunci di pencarian google, dan ternyata yang muncul ada 3 bahkan lebih website yang sama pada halaman satu google? Contohnya adalah website Tribun, yang seakan telah menguasai kata kunci dan halama satu google. Ini yang sedang di update oleh google agar nantinya satu kata kunci hanya akan menampilakan maksimal 2 website yang sama pada halaman pertama.

Apa Yang Harus Dilakukan Untuk Mengembalikan Peringkat Website Anda?


Nah, dari dua update google ini seharusnya Anda sudah bisa memahami apa yang salah dari website Anda, terutama bagi Anda yang mengelola website kesehatan. Anda harus membuat halaman informasi yang jelas, dan hapus segera backlink jika anda menggunakan backlink tools, karena ini bisa dianggap backlink spam oleh google.

Baca Juga : Tools Untuk Cek Kecepatan Website Yang Terbaik

Selain melengkapi apa saja yang kurang pada website Anda, seperti mencantumkan halaman informasi yang jelas dan lengkap, Defriansyah juga memberikan informasi tentang bagaimana cara seorang alumni Kursus SEO yang dia kelola mampu mengembalikan peringakat website mereka yang sebelumnya turun karena terdampak oleh update algoritma google.

Apa saja yang dilakukan oleh Alumni Kursus SEO tersebut?


Mereka rutin memposting artikel di dalam website.

Fokus lah pada kata RUTIN nya, karena ini yang agak sulit untuk diterapkan.

Biasanya kebanyakan orang setelah memposting artikel 5-10, kemudian mereka melihat peringkat website belum juga naik, dan meraka pun menyerah. Padahal SEO butuh proses. Jadi RUTINKAN mulai sekarang untuk memposting artikel.

Artikel yang Anda buat harus berkualitas dan masih berkaitan dengan kata kunci yang peringkatnya turun. Anda bisa menggunakan kata kunci turunan dari kata kunci yang peringkatnya turun. Anda juga perlu riset persamaan kata dan pembahasan lainya yang di cari pengguna yang masih terkait kata kunci tersebut.

Mungkin itu saja dulu pembahasan kali ini, semoga bisa dipahami.

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

  1. Pertama saya tau blog ini berawal dari keinginan saya untuk beli template igniplex. Tapi setelah dibaca blog ini sangat menarik dan saya sering mengunjungi untuk tau update artikel di blog ini.

    Pantas saja gaya penulisannya menarik, ternyata menyerap ilmu dari mas defriansyah. Apakah tergabung juga di group telegram mas defriansyah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terima kasih sebelumnya sudah mampir disini 🙏

      Benar sekali gan, saya selalu mengikuti update dari mas Defri di telegram 😁

      Delete
  2. Intinya kudu rutin update artikel dan tingkatkan seo nya ya bang. Wahh kayanya defriansyah menarik, saya mau mampir ah hehehe.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya gan, Mas Defri beliau adalah salah satu pakar SEO, ilmu yang dia share insya Allah bermanfaat :)

      Delete

Post a Comment