FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Tanpa Disadari, Manusia Makan 50.000 Partikel Plastik Per Tahun

Tanpa Disadari, Manusia Makan 50.000 Partikel Plastik Per Tahun

Tanpa disadari manusia makan ribuan partikel plastik
Tanpa kita sadari ternyata puluhan ribu partikel plastik masuk kedalam tubuh kita setiap tahunnya, kok bisa!?

Polusi mikroplastik sebagian besar disebabkan oleh disentegrasi sampah plastik dan tampaknya telah ada dimana-mana seluruh planet ini. Mikroplastik telah terdeteksi di keran, air botolan, makanan laut, hingga bir.

Bahkan mikroplastik pun telah ditemukan dalam sampel tinja manusia untuk pertama kalinya pada bulan oktober lalu. Hal ini membenarkan bahwa manusia memang menelan mikroplastik.

Penelitian baru, diterbitkan dalam jurnal Environmental Science and Technology, mengambil data dari 26 study sebelumnya yang mengukur jumlah partikel mikroplastik dalam ikan, kerang, gula, garam, bir, dan air, serta di udara di kota-kota.

Para ilmuwan kemudian menggunakan pedoman diet pemerintah AS untuk menghitung berapa banyak partikel yang akan dimakan manusia dalam setahun. Orang dewasa makan sekitar 50.000 partikel mikroplastik setahun, dan anak-anak sekitar 40.000, mereka memperkirakan demikian. "Sebagian besar makanan dan minuman belum diuji, study hanya 15 persen dari asupan kalori. Kami tidak tahu banyak, ada beberapa kesenjangan data utama yang perlu diisi," kata Keiran Cox, di Universitas di Victoria di Kanada yang memimpin penelitian tersebut.

Makanan lain seperti roti, produk olahan, daging, susu dan sayuran mungkin mengandung plastik yang sama banyaknya, katanya. "Sangat mungkin akan ada sejumlah besar partikel plastik di dalamnya. Anda mungkin memakan ratusan ribu mikro plastik," ujarnya.

Dalam air botolan dinilai mengandung 22 kali lebih banyak partikel plastik dari rata-rata air ledeng. Seseorang yang hanya minum air botolan akan mengkonsumsi 130.000 partikel per tahun dari sumber itu saja, kata para peneliti, dibandingkan dengan 4.000 partikel dari air ledeng.

Para ilmuwan tidak tahu apa yang terjadi ketika plastik mikro dihirup, tapi study baru berspekulasi bahwa "sebagian besar partikel yang dihirup akan tertelan". Para peneliti juga memperkirakan bahwa partikel-partikel mikro plastik yang bertahan pada satu kali makan per hari dapat menambah puluhan ribu ke jumlah tahunan yang dikonsumsi.

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment