AWAS, INI ANCAMAN BAGI ORANG YANG SENGAJA MENINGGALKAN PUASA

Iklan 728x90

AWAS, INI ANCAMAN BAGI ORANG YANG SENGAJA MENINGGALKAN PUASA

Ancaman bagi yang sengaja meninggalkan puasa
ANCAMAN BAGI ORANG YANG  SENGAJA MENINGGALKAN  PUASA

Dalam kitab Targhib disebutkan bahwa apabila seseorang meninggalkan kewajiban puasa pada bulan Ramadhan dengan sengaja secara i’tiqadi maka ia telah terjatuh dalam kekufuran.

Berada pada bulan suci Ramadhan, ternyata tidak serta-merta membuat segala bentuk kemaksiatan itu sirna. Bahkan, di tengah masyarakat muslim sendiri masih sering kita temukan banyak orang yang tidak berpuasa Ramadhan.
Baik itu dilakukan secara sembunyi-sembunyi maupun terang-terangan, seperti makan di warung pada siang hari bolong.

Nah, dalam hal ini bagaimana hukumnya orang yang secara sengaja tidak berpuasa pada bulan Ramadan?

Dalam kitab Targhib disebutkan bahwa apabila seseorang meninggalkan kewajiban puasa dengan sengaja secara i’tiqadi maka ia telah terjatuh dalam kekufuran.
Kesimpulan ini berdasarkan riwayat al-Dailami dan dishahihkan oleh Dzahabiy dari Ibnu ‘Abbas bahwa Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam pernah bersabda:

“Sendi-sendi dan dasar-dasar Islam ada tiga. Dan Islam dibangun di atas tiga sendi ini. Barangsiapa yang dengan sengaja meninggalkan salah satu dari ketiganya, maka dia kufur, dan halallah darahnya; yaitu; mengakui bahwasanya tidak ada Tuhan selain Allah, sholat fardu, dan puasa Ramadhan.” (HR. Abu Ya’la)

Puasa yang ditinggalkan dengan sengaja tidak akan bisa diganti atau diqadla’ dengan puasa sepanjang umur.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda :

Hadist tentang ancaman bagi orang yang meninggalkan puasa

Dalam hadist lain yang diriwayatkan oleh imam HR. Bukhori :

Hadist tentang peringatan bagi orang yang meninggalkan puasa

Al-Dzahabi berkata, “Telah jelas bagi kaum mukminin bahwa orang yang meninggalkan puasa Ramadhan dengan tanpa sakit lebih jahat daripada pezina dan peminum arak, bahkan diragukan keislamannya.” (Targhib, jld. II, hal. 231-232).

Hadits: Semua amal Bani Adam akan dilipat gandakan kebaikan sepuluh kali sampai tujuh ratus kafli lipat. Allah Azza Wa Jallah berfirman, "Kecuali puasa, maka ia untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan pahalanya." (HR. Muslim)

Surah tentang anjuran berpuasa

Nah, itulah beberapa peringatan dan ancaman bagi orang yang sengaja meninggalkan puasa. Semoga kita termasuk dalam golongan orang-orang yang selalu dalam ketaatan terhadap perintah Allah.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment