Indahnya Bromo Dan Fenomena Embun Membeku Disekitarnya

Iklan 728x90

Indahnya Bromo Dan Fenomena Embun Membeku Disekitarnya

Bromo tempat wisata terpopuler di Jawa Timur
Bromo adalah salah satu tempat wisata terpopuler di Jawa Timur. Setiap akhir pekan jumlah kunjungan mencapai ribuan orang. Mulai dari penjuru negeri hingga wisatawan manca negara. Sobat travel dapat menikmati matahari terbit dari beberapa tempat, yakni Seruni Point, Penanjakan dan beberapa tempat disekitar gunung bromo.

Tidak hanya menikmati keindahan alam, wisatawan juga dapat menjadi penunggang kuda. Beberapa warga lokal banyak yang menyewakan kuda nya, tentunya dengan pengawasan, jadi lebih aman.

Pada bulan Februari 2019, Gunung Bromo mengalami erupsi. Wisatawan dilarang mendekati bibir kawah hingga radius 1 km, untuk keamanan. Meskipun saat ini statusnya lebih kondusif dan aman untuk wisatawan.

"Kondisinya semakin kodusif, tetapi larangan mendekati kawah dengan radius aman satu kilometer harus dipatuhi wisatawan maupun warga sekitar." Kata Kepala Sub Bagian Data Evakuasi Pelaporan dan Humas Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (TNBTS), Syarif Hidayat.

Erupsi Gunung Bromo ini berdampak pada berbagai hal. Seperti berkurangnya wisatawan yang berada di lautan pasir lantaran adanya larangan mendekati gunung dengan radius 1 KM dan juga abu vulkanik. Tapi sobat travel tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung, masih ada cara lain untuk menikmati indahnya gunung bromo.

Baca Juga : 3 Danau Yang Menjadi Objek Wisata Di Sumatera Barat

Pada kondisi normal ratusan orang bahkan ribuan orang berada di lautan pasir, Gunung Bromo diakhir pekan. Namun saat ini, wisatawan banyak menikmati pesona keindahan Bromo dari kejauhan. Yaitu dari Seruni Point, Penanjakan, dan beberapa tempat lainnya.

Fenomena Bromo Membeku


Embun di Bromo membeku
Tumbuhan di Bromo Membeku. Foto by : timesindonesia.co.id

Baru-baru ini wisatawan dan warga di sekitar Bromo dihebohkan dengan adanya fenomena alam yang jarang terjadi, yaitu beberapa tumbuhan dan pasir di kawasan Bromo membeku. Dikarenakan suhu di sekitar wilayah Gunung Bromo turun hingga mencapai angka 3 derajat celcius yang mengakibatkan embun menjadi beku.

Meskipun demikian, kondisi ini tidak mempengaruhi para wisatawan yang berkunjung, justru mereka merasa senang karena bisa menikmati pemandangan yang jarang terjadi di kawasan Bromo ini.

Namun wisatawan yang ingin menikmati fenomena frozen ini dihimbau untuk tidak datang pada waktu dini hari. Selain kondisi yang masih gelap, kondisi cuaca di sekitar Gunung Bromo juga sangat dingin, dikhawatirkan, ada pengunjung yang tidak kuat menahan dingin, hingga mengalami hipotermia. Wisatawan juga disarankan untuk membawa perlengkapan penghangat tubuh, seperti jaket, kaos tangan, dan topi gunung.



Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment