FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
7 Kebiasaan Penyebab Telinga Budek, Jangan Diremehkan Karena Berbahaya

7 Kebiasaan Penyebab Telinga Budek, Jangan Diremehkan Karena Berbahaya

7 hal yang bisa menyebabkan telinga budek
Telinga adalah salah satu organ yang sangat sensitif, banyak organ-organ penting didalam liang telinga. itu sebabnya, Anda harus berhati-hati saat membersihkan telinga, tidak boleh asal-asalan.

Kita sering melihat kebiasaan pada masyarakat yang membersihkan telinga dengan cara yang kurang tepat dan bisa membahayakan kesehatan pada telinga yang bisa membuat telinga kehilangan pendengaran.

Berikut 7 Kebiasaan Membersihkan Telinga Yang Sebaiknya Dihindari


1. Menggunakan Obat Tetes Telinga
Obat tetes telinga bisa menyebabkan telinga budek

Obat tetes telinga memang dibuat untuk membersihkan telinga, tapi Pengunaan obat tetes telinga untuk menghentikan telinga berdengung dan masalah telinga lainnya,dengan cara yang tidak tepat justru bisa saja menimbulkan permasalahan yang serius. Untuk itu, sebaiknya cari tahu terlebih dahulu fungsi dari obat tetes tersebut beserta efek sampingnya.

Baca Juga : 4 Cara Mengobati Radang Amandel Secara Alami

2. Menggunakan Earphone
Penggunaan ear phone salah satu penyebab telinga budek

Penggunaan earphone tentunya berfungsi agar suara lebih keras. Sayangnya, hal terseBut dapat membuat perubahan dalam sistem pendengaran, sehingga kamu akan terbiasa mendengarkan suara yang dekat dan keras layaknya menggunakan earphone.

3. Menggunakan Era Candle
Ear candle salah satu penyebab telinga budek

Metode ear candle yang digunakan untuk membersihkan kotoran pada telinga ternyata dapat merusak sistem pendengaran. Oleh karena itu, meski kotoran yang keluar banyak, akan tetapi telinga akan menjadi lembab dan meninggalkan bakteri yang justru merusak liang telinga.

4. Menggunakan Cotton Bud
Cotton bud bisa menyebabkan telinga budek

Pada dasarnya cotton bud digunakan untuk membersihkan kotoran yang ada di telinga, bukan? Sayangnya, menggunakan alat yang satu ini justru mengakibatkan kotoran yang ada di liang telinga menggumpal dan terhenti. Hal ini dikarenakan biasanya kotoran telinga cenderung lengket.

5. Mengendarai Mobil Yang Terbuka
Mobil terbuka bisa menyebabkan telinga budek

Saat mengendarai mobil yang terbuka, biasanya dibutuhkan suara dengan level tertentu agar teman sebelah mu bisa mendengar percakapan. Sayangnya, tekanan dan paparan yang ada terhadap telinga secara berulang-ulang justru bisa menyebabkan kehilangan pendengaran secara permanen

6. Merokok
Merokok dapat menyebabkan gangguan pendengaran

Kandungan nikotin dalam rokok dapat menyebabkan pembuluh darah menyusut. Akibatnya, kapiler kecil yang melayani telinga akan bermasalah bahkan hal terburuk nya kamu bisa kehilangan pendengaran secara bertahap.

7. Mengonsumsi Obat-obatan Tertentu
Mengonsumsi Obat-obatan bisa menyebabkan telinga budek

Beberpa jenis obat seperti obat pereda rasa nyeri, antibiotik, dan obat kemoterapi berbasis platinum ternyata dapat menyebabkan gangguan pendengaran. Hal ini karena beberapa jenis obat tertentu memiliki efek samping demikian.

Artikel dan Gambar Bersumber dari : IG @SARAN.DOKTER

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Wah rupanya yang nomor 4 sering saya lakukan itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah, mulai sekarang sebaiknya hindari kebiasaan itu

      Delete

Post a Comment