FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
5 Tips Jitu Agar Tubuh Tetap Fit Saat Puasa

Iklan Billboard 970x250

5 Tips Jitu Agar Tubuh Tetap Fit Saat Puasa

Tips berpuasa agar tetap tubuh fit
Berpuasa pada bulan Ramadan adalah suatu kewajiban bagi umat muslim. Pengertian puasa secara umum artinya adalah menahan lapar dan haus dari pagi hingga sore menjelang malam.

Karena tidak ada asupan makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh selama seharian, pastinya membuat tubuh menjadi lemah, kehilangan fokus, hingga aktivitas bisa menjadi terganggu.

Tapi tahukah kamu, sebenarnya ada beberapa tips supaya tubuh tetap fit selama berpuasa? dengan beberapa tips ini dipastikan anda akan lebih nyaman dan rasa lapar anda akan berkurang selama menjalankan puasa.

Berikut 5 Tips Agar Tubuh Anda Tetap Fit Saat Berpuasa


1. Pilih Menu Sahur Yang Tepat

Salah satu cara untuk menahan rasa lapar adalah dengan memilih menu sahur yang tepat. Pilih menu yang padat gizi dan tidak terlalu cepat dicerna. Misalnya, saat sahur anda bisa mengonsumsi makanan yang kaya akan karbohidrat, seperti bubur ayam, oetmeal, dan ubi jalar.

2. Pastikan Kebutuhan Cairan Terpenuhi

Supaya kebutuhan cairan tubuh terpenuhi, pastikan anda mengonsumsi banyak air putih. Minum 2 gelas air putih saat sahur, dan 2 gelas saat berbuka, dan 4 gelas di malam hari. Kebutuhan cairan sitiap orang memang berbeda-beda, tetapi idealnya kebutuhan cairan setiap orang adalah minimal 8 gelas per hari.

3. Konsumsi Madu dan Kurma

Selama bulan puasa, madu dan kuram menjadi makanan manis yang dirakomendasikan untuk dikonsumsi. Selain itu, madu juga dipercaya bisa membantu gula darah tetap stabil dan menjaga sistem imun tubuh.

4. Tidur Cukup dan Berkualitas

Salah satu hal yang paling penting selama bulan puasa tidur cukup dan berkualitas. Hindari tidur terlalu malam saat puasa karena anda harus bangun pagi untuk menjalani sahur. Selain itu, pastikan anda juga memanfaatkan jam makan siang untuk tidur siang beberapa saat agar tubuh tetap produktif selama berpuasa.

5. Kerjakan Sesuatu

Bila sedang libur dan tidak beraktivitas, pastikan anda mengerjakan sesuatu. Misalnya, melakukan hobi yang anda sukai, seperti menjahit, memasak, atau melukis. Dengan melakukan hal-hal yang kita sukai, maka kitapun jadi lebih bersemangat untuk puasa.

Itulah beberapa tips yang bisa anda lakukan pada saat bepuasa, dan Semoga bermanfaat.

Sumber (@gosehat)
Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment

Iklan Tengah Post