Perbedaan Mendasar Antara Kopi Arabika dengan Kopi Robusta

Iklan 728x90

Perbedaan Mendasar Antara Kopi Arabika dengan Kopi Robusta

Perbedaan kopi Arabika dengan kopi Robusta

Siapa sih yang tidak suka meminum kopi? Minuman nikmat yang bisa mengobati rasa kantuk dan menjadi minuman wajib jika sedang berkumpul dengan keluarga, sahabat maupun teman yang sudah lama tidak bertemu.


Tetapi tahukah anda jika kopi memiliki 2 jenis varian yang populer? Yaitu jenis kopi Robusta dan Arabika. Sebagian besar para pecinta kopi belum mengetahui perbedaannya. Mungkin termasuk anda.

Baca juga : Kopi Aceh, Salah satu kopi tebaik di Indonesia

Lalu apa saja sih perbedaan antara kopi robusta dengan arabika? ya, Setidaknya ada 5 perbedaan mendasar antara keduanya.

Berikut adalah perbedaan mendasar antara kopi Robusta dengan kopi Arabika.


1. Aroma

Perbedaan aroma kopi robusta dan arabika

Yang pertama adalah tentang perbedaan aroma, saat pertama melihat kopi yang baru diseduh pasti akan memancing untuk mencium aromanya. Untuk kopi Arabika aroma yang dikeluarkan seperti campuran antara wangi buah dan bunga, sementara untuk kopi Robusta lebih ke aroma harum condong ke manis.


2. Cita Rasa

Perbedaan rasa kopi arabika dengan robusta

Setelah mencium aromanya, hal berikutnya adalah merasakannya. Setelah melalui berbagai proses pengolahan kopi Robusta memiliki variasi rasa yang kuat dan lebih tajam. Sedangkan kopi Arabika memiliki aroma yang lebih variasi tergantung dengan jenisnya mulai dari manis, lembut hingga kuat.


3. Kadar Kafein

Perbedaan kadar kafein kopi robusta dengan arabika

Biji kopi Arabika memiliki kandungan kafein yang lebih rendah dibandingkan biji kopi Robusta. Kadar kafein pada kopi Arabika sebesar 0,8 – 1,4%, sedangkan kadar kafein pada biji kopi Robusta sebesar 1,7 – 4,0%.

Artinya kopi Arabika lebih nyaman di lambung saat diminum.


4. Lingkungan Penanaman kopi

Perbedaan tempat penanaman kopi robusta dengan arabika

Kopi Arabika biasanya tumbuh di daerah dataran tinggi dengan ketinggian 700-1.700 mdpl dengan suhu 15-24°C. Sedangkan kopi Robusta bisa tumbuh dan hidup di daerah dengan ketinggian 400-700 mdpl dengan temperatur 24-30°C.


5. Harga kopi

Perbedaan harga kopi arabika dengan robusta

Dari sisi harga, kopi Arabika biasanya lebih mahal daripada kopi Robusta. Bahkan harga kopi Arabika hampir dua kali lebih mahal dari harga kopi Robusta.

Kopi arabika juga biasa disebut sebagai kopi premium, sedangkan kopi instan yang umumnya ditemukan di supermarket biasanya adalah kopi robusta.

Jadi, kopi jenis apa yang menjadi favorit kamu? Robusata atau Arabika?

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Artikel nya bagus gan, cuma yang harus diketahui perbedaan mencolok Dari 2 jenis kopi ini yaitu dari cita rasanya. dimana kopi arabika memiliki rasa masam yang khas Dan tidak terlalu manis dengan aroma yang kuat. Serangkan robusta rasanya manis Dan aroma nya sedap.

    Di tunggu kunjungan baliknya gan pliket.developermagic.com

    ReplyDelete
  2. https://pliket.developermagic.com

    ReplyDelete

Post a Comment