Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Iklan 728x90

Manfaat Buah Tomat Untuk Kesehatan

Manfaat buah tomat
Tomat termasuk dalam kategori buah-buahan yang mempunyai banyak sekali manfaat. Bisa digunakan sebagai campuran bumbu masakan, saus, dan lainnya.

Tapi tahukah kamu? Ternyata buah tomat juga mempunyai manfaat yang sangat baik bagi kesehatan. Apabila anda mempunyai kebiasaan makan tomat mentah ataupun yang sudah diolah seperti saus, sebaiknya pertahankan kebiasaan itu. Karena tomat sangat bermanfaat bagi kesehatan anda.

Baca Juga :
5 Cara Menjaga Kesehatan Otak
4 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Apa saja manfaat dari buah tomat? Setidaknya ada 4 manfaat yang anda dapatkan dari Buah Tomat untuk Kesehatan

1. Sumber Antoksidan

Semakin merah warna sebuah tomat, semakin tinggi pula kandungan lycopene di dalamnya, sebagai anti oksidan yang sangat diperlukan tubuh untuk memerangi radikal bebas. Tidak hanya tomat segar, olahan tomat seperti saus tomat juga mengandung anti oksidan yang serupa.

Selain lycopene, warna merah tomat juga mencerminkan tingginya kandungan beta karoten. Keduanya memegang peranan kunci dalam menjaga kesehatan jantung. Sebuah penelitian menunjukan bahwa kadar lycopene dan beta karoten yang rendah pada tubuh dapat meningkatkan risiko stroke dan serangan jantung di kemudian hari.

2. Menjaga Kesehatan Saluran Pencernaan

Dalam 1 buah tomat berukuran sedang, tekandung serat sebanyak 1,5 gram. Kandungan serat ini sangat baik untuk menjaga kelancaran dan kesehatan saluran cerna dalam menghindari sembelit. Bagi anda yang ingin menjaga berat badan tetap stabil, tomat juga menjadi kuncinya.

Selain kalorinya yang hanya 22 kal dalam 1 buah tomat, kandungan serat di dalamnya juga berperan penting menjaga kestabilan kadar gula darah, yang menjadi salah satu upaya menurunkan risiko kegemukan dan diabetes di kemudian hari.

3. Mempertahankan Keremajaan Kulit

Di samping kesehatan jantung, otak dan juga saluran cerna, konsumsi tomat ternyata juga dapat memeberikan manfaat pada kulit anda. Seperti yang kita ketahui, bahwa salah satu penyebab penuaan dini pada kulit adalah radikal bebas. Radikal bebas ini dapat diproduksi oleh tubuh saat sedang sakit, stres, maupun akibat dari polusi lingkungan sekitar.

Untuk menangkalnya, diperlukan anti oksidan dalam jumlah yang cukup. Tomat adalh salah satu sumber anti oksidan yang melimpah. Selain itu, tomat juga mengandung anti oksidan naringenin dan asam klorogenik yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, serta menghindari dari dari kerutan dan penuaan dini.

4. Sumber Berbagai Vitamin dan Mineral

Dari konsumsi sebuah tomat, seseorang tidak hanya mendapatkan manfaat anti oksidan dan serat, namun juga berbagai vitamin dan mineral yang ada di dalamnya.

Tomat mengandung vitamin C yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, dan mengandung potassium yang penting untuk mengontrol tekanan darah, vitamin K yang bekerja menjaga kelancaran proses pembekuan darah, serta asam folat yang mengatur proses pembentukan sel dan regenerasinya.

Lengkap Bukan? Manfaat buat tomat ini dapat diperoleh dalam bentuk buah segar maupun produk olahan.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment