4 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Iklan 728x90

4 Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Makanan yang menyebabkan asam lambung naik
Penyakit asam lambung atau Gastroesophageal Reflux Disease (GERD) atau yang juga biasa disebut sakit maag adalah kondisi yang ditandai dengan nyeri pada ulu hati atau sensasi terbakar di dada akibat naiknya asam lambung menuju esofagus.

Apa itu Esofagus? Esofagus juga dikenal sebagai kerongkongan, yang juga menjadi bagian dari saluran pencernaan yang menghubungkan mulut dan lambung.

Penyakit asam lambung ini merupakan masalah kesehatan yang cukup umum terjadi di masyarakat.

Ada beberapa penyebab naiknya asam lambung, seperti faktor usia, kebiasaan merokok, stres, dan yang paling umum adalah jenis makanan yang di konsumsi.

Berikut 4 Jenis Makanan Yang Bisa Meningkatkan Asam Lambung


1. Makanan Asam

Biasanya makanan asam sangat erat relevansinya dengan buah-buahan. Buah-buahan diketahui banyak mengandung khasiat baik untuk kesehatan, akan tetapi tidak pada pasien asam lambung (penderita asam lambung).

Seperti jenis buah berkadar asam tinggi memiliki kandungan yang dapat mengganggu keselarasan pH di perut Anda.

2. Makanan Pedas

Kalau anda termasuk penggemar makanan pedas akan tetapi memiliki asam lambung atau maag, nampaknya sudah saatnya anda berhenti. Karena makanan pedas dapat menaikan tumpukan asam dan menyebabkan naiknya asam lambung. Jadi untuk mencegahnya, hindarilah jenis makanan pedas itu.

3. Makanan Dalam Porsi Besar

Makanan besar dapat menjadikan perut membuahkan asam lambung yang tambah banyak. Hingga dapat menyebabkan tumpukan dan iritasi pada kerongkongan anda. Lebih baik makan sering akan tetapi dalam porsi kecil dari pada sekali makan dalam porsi besar.

4. Makanan Yang Digoreng

Model makanan yang tinggi lemak seperti gorengan, perlu waktu yang lebih lama untuk dicerna. Jika ia terlalu lama ada dalam perut, maka produksi asam lambung pun akan bertambah dan akhirnya anda membutuhkan tambah banyak ruang dalam perut.

Itulah beberap jenis makanan yang bisa meningkatkan asam lambung, jadi, jika anda adalah penderita penyakit asam lambung sebaiknya kurangi atau hindari jenis makanan tersebut.

Semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment