Inilah 3 Danau Yang Menjadi Objek Wisata Di Sumatera Barat

Iklan 728x90

Inilah 3 Danau Yang Menjadi Objek Wisata Di Sumatera Barat

Indonesia mempunyai banyak sekali tempat wisata yang seakan tak ada habisnya untuk diexplore, Salah satunya adalah Sumatera Barat yang mempunyai cukup banyak spot yang keren untuk dikunjungi.

Dari sekian banyak tempat wisata di Sumatera Barat, ada tiga spot danau yang keren yang menjadi tujuan utama para wisatawan.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Terpopuler di Indonesia 

Berikut 3 danau di Sumatera barat yang menjadi tujuan favorit wisatawan

1. Danau Maninjau
Danau di sumatera barat yang menjadi tujuan wisatawan
Nama danau maninjau telat dikenal se Sumatera Barat, bahkan cukup dikenal juga bagi kalangan pelancong dari provinsi-provinsi tetangga. Danau Maninjau adalah danau vulkanik yang terletak tepat di pusat Kabupaten Agam, Sumatera Barat.

Berada dikawasan ini akan terasa hawa yang sejuk, karena kawasan ini berada di ketinggian 460 mdpl. Luas danau sekitar 100 km persegi sehingga saat dilihat dari atas bukit, pohon-pohon yang berada di ujung seberang danau hanya terlihat seperti titik hijau.

Spot terbaik untuk mengamati danau maninjau adalah dari tengah kawasan yang disebut kelok 44, Yaitu dari sekitar kelok 23 sampai kelok 30. Disekitar area inilah pemandangan bentangan danau yang dihiasi hamparan sawah nan subur terlihat sangat indah.

2. Danau Singkarak
Salah satu danau di Sumatera barat yang menjadi tempat wisata
Danau Singkarak identik dengan Tour De Singkarak, sebuah kejuaraan balap sepeda resmi dari persatuan balap sepeda internasional. Acara berskala internasional ini diselenggarakan setiap tahun selama kurang lebih satu minggu. Rute balap sepeda ini melewati danau singkarak yang merupakan danau terbesar kedua di pulau Sumatera.

Danau Singkarak merupakan danau tektonik yang terletak di dua kabupaten, yakni Solok dan Tanah Datar. Jika ditempuh dari Kota Padang, lokasi danau dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 1,5 sampai 2 jam berkendara. Disekitar danau dikelilingi bukit barisan yang berjejer rapi dipenihi vegetasi rumput nan hijau.

Ada sekitar 9 titik untuk menikmati pemandangan terbaik bukit ini, yakni Puncak Ahmad Sadin, Puncak Gagoan, Puncak Makau-Makau, Puncak Akasia, Puncak Cinangkiak, Puncak Gobah Aripan, Puncak Payo, Puncak Aua Sarumpun, dan Puncak Thailand.

3. Danau Kembar
Tempat wisata danau kembar sumatera barat
Danau Kembar berada di Solok Sumatera Barat. Kedua danau ini berdampingan dan dipisahkan oleh bukit yang lebarnya sekitar 300 meter. Saat menempuh perjalanan darat ke lokasi danau dari kota Padang, sobat travel akan melewati perkebunan the PTPN VI Kebun Danau Kembar. Hawa sejuk berhembus di area danau yang terletak di atas bukit ini.

Meski nama masing-masing danau seakan menunjukan lokasi mereka yang berbeda level, namun sebenarnya kedua danau ini memiliki permukaan yang ada di ketinggian kurang lebih sama. Perbedaannya adalah kedalamannya. Kedalaman danau di atas adalah 44 meter dengan luas 17 meter. Sementara danau di bawah kedalamannya lebih dari 800 meter dengan luas hampir 17 meter persegi.

Akses danau di atas cenderung lebih mudah dijangkau dan terdapat fasilitas warung, perahu untuk keliling danau, outbond, dan trekking. Sementara danau di bawah hanya bisa dinikmati dari ketinggian saja.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment