PENTING! Ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Otak Anda

Iklan 728x90

PENTING! Ini 5 Cara Menjaga Kesehatan Otak Anda

Menjaga kesehatan otak
Tips Menjaga Kesehatan Otak

Otak adalah bagian yang sangat penting dari organ manusia yang menjadi pusat perintah dan sistem saraf. Emosi, kecerdasan, ingatan, kreativitas, dan pergerakan tubuh adalah beberapa dari banyak hal yang diatur oleh otak. Jika anda ingin melakukan sesuatu, maka otaklah yang memerintahkan dan mengaturnya.

Baca Juga : 4 Jenis Makanan Penyebab Asam Lambung Naik

Jadi, fungsi otak ini sangat penting dan sangat vital bagi hidup manusia. Maka dari itu kita harus menjaga kesehatan otak, jangan biarkan otak rusak karena kita kurang memperhatikannya.

Berikut Ini 5 Cara Menjaga Otak Agar Tetap Sehat

1. Cukupi Kebutuhan Nutrisi Otak

Lindungi otak dari kerusakan yang diakibatkan oleh adikal bebas dengan makanan yang mengandung anti oksidan, sperti sayur-sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan ikan. Cukupi juga kebutuhan asam lemak omega 3 yang bisa didapat dari ikan salmon dan sarden. Zat ini sangat penting dalam menurunkan kadar kolesterol, meminimalkan peradangan pada otak, serta menjaga optimalisai otak.

Jangan lupa akan peran asam folat, vitamin B6, dan B12, yang mampu mengurangi level homosistein. Zat ini dituding bertanggung jawab meningkatkan risiko terjadinya demensia. Untuk itu, konsumsilah sayuran berdaun hijau, sereal, dan biji-bijian utuh.

2. Jangan Rusak Otak Dengan Asap Rokok

Segera hentikan menghisap rokok karena merokok membuat bagian penting dari otak, yaitu bagian korteks, rentan mengalami penipisan. Korteks merupakan bagian otak yang berkaitan dengan kemampuan berfikir, mengingat, bahasa, dan persepsi. Selain itu, rokok juga menyebabkan beberapa penyakit terkait otak, seperti stroke, aneurisma otak, dan demensia.

3. Olahraga Teratur

Olah raga dapat memperbaiki kinerja pembuluh darah kecil dalam mengantarkan darah yang kaya oksigen menuju otak. Pertumbuhan sel baru dan hubungan antarsaraf dalam otak juga akan lebih optimal dengan olahraga teratur.

Selain itu, olahraga bermanfaat untuk mengurangi tekanan darah, mengurangi kolesterol jahat, melawan diabetes, dan mengurangi stres. Manfaat tersebut dengan sendirinya akan membantu kesehatan otak dan tumbuh secara keseluruhan.

4. Perhatikan Kolesterol, Tekanan Darah, dan Gula Darah

Tingginya tingkat kolesterol, dikombinasikan dengan tekanan darah tinggi dan kadar gula darah yang tidak terkontrol, sangat terkait dengan dengan risiko sesorang terkena penyakit Alzheimer, melimpahnya kolesterol buruk juga akan membuat seseorang lebih mudah mengalami demensia.

Timbunan kolesterol akan memicu terbentuknya sumbatan di dalam pembuluh darah otak, sehingga suplai oksigen ke otak berkurang. Selanjutnya kondisi ini dapat membuat sel otak rusak hingga berakibat kematian. Stroke sebagai salah satu komplikasinya, dapat menimbulkan gangguan pada kemampuan bicara, milihat atau bergerak, tergantung bagian otak mana yang diserang.

5. Istirahat atau Tidur Yang Cukup

Tidut yang cukup setiap hari berperan penting dalam fungsi otak kita, seperti membantu memperkuat dan melindungi memori, membuat kita fokus, juga meningkatkan kemampuan kita dalam memecah masalah.

Itulah beberapa tips menjaga otak agar tetap sehat. Jaga dan cintailah otak anda, karena dengan otak yang sehat tentu akan membuat kita lebih mampu beraktifitas dan berkreatifitas dengan lebih baik.

Semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment