Cara Menghapus dan Mengedit Menu Navigasi Dropdown Pada Blog

Iklan 728x90

Cara Menghapus dan Mengedit Menu Navigasi Dropdown Pada Blog

Mengedit menu navigasi template blog. Cara ini biasanya dilakukan oleh para blogger dengan tujuan agar pengunjung blog lebih mudah untuk menavigasi dan mencari informasi yang ada di dalam blog tersebut.

Jika anda menggunakan template custom dari penyedia template, biasanya menu navigasi sudah dibuatkan berupa Menu dan Sub Menu atau menu Dropdown. Anda bisa merubahnya sesuai dengan keinginan Anda.

Pengertian Menu Navigasi

Menu Navigasi pada blog adalah sebuah menu yang berisi link yang sudah disesuaikan dan bertujuan untuk memberikan petunjuk kepada pengunjung sehingga memudahkan mereka untuk menelusuri sebuah blog atau web dan memudahkan untuk menemukan artikel-artikel yang sesuai dengan keinginan mereka

Lalu Apa Saja Fungsi dari Menu Navigasi ?

Fungsi menu navigasi bukan hanya sebagai petunjuk untuk pengunjung blog saja, tapi juga berfungsi untuk beberapa hal lainnya.

Berikut beberapa fungsi menu navigasi :
  • Memudahkan pengunjung untuk memahami isi blog sehingga pengunjung lebih mudah untuk menemukan dan memilih daftar artikel yang sesuai keinginan mereka.
  • Blog atau Web yang mempunyai menu navi gasi lebih disukai oleh Google Webmaster. Robot txt (Robot perayap google) akan mengindex semua halaman anda dan memisahkannya sesuai menu pada sebuah blog.
  •  Membuat halaman website atau blog menjadi lebih SEO friendly dan disukai oleh semua search engine.
  • Memberikan kesan profesional. Ya, blog atau web yang mempunyai menu navigasi akan memberikan kesan bahwa blog tersebut benar-benar dikelola dengan baik.

Setelah tahu apa itu menu navigasi dan apa fungsinya, sekarang kita lanjut ke cara mengedit ataupun menghapus menu navigasi sehingga sesuai dengan karakter blog anda.

Cara Merubah Judul Menu Navigasi

Anda bisa mengganti judul menu sesuai keinginan anda. sebagai contoh disini saya akan mengganti judul menu Donwload Template menjadi Home. Perhatikan gambar di bawah, kita akan merubah judul menu yang sudah saya beri tanda panah merah.

Cara mengubah dan mengganti menu navigasi blogger

Caranya sangat mudah kok, silahkan ikuti tutorial berikut ini:

Pertama, silahkan anda Masuk ke Dasbor Blogger anda, lalu pilih Tema > dan pilih edit HTML, dan akan muncul html template anda. Silahkan cari kata atau judul yang ingin anda ubah, untuk mempercepat pencarian anda bisa gunakan tombol CTRL + F di komputer anda. Sesuai contoh, kita akan menganti judul menu Download Tempate.

Cara mengubah dan menghapus menu navigasi blogger

Coba perhatikan gambar di atas, judul menu yang ingin kita ganti sudah ketemu, selanjutnya silahkan anda hapus judul menu yang diberi tanda warna kuning dan ganti dengan kata yang anda inginkan, sebagai contoh kita ganti dengan kata Home, lihat hasilnya pada gambar dibawah ini, menu Download Tempate sudah berganti menjadi Home.

Cara mengubah dan menghapus menu navigasi blogger

Nah, sekarang bagaimana jika ingin menghapus salah satu menu navigasi tersebut?

Caranya cukup mudah, yang perlu anda perhatikan adalah kode </li> dan kode </ul> yang ada pada template html anda.

Kode </li> adalah kode pembuka menu navigasi
Kode </ul> adalah kode penutup menu navigasi

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak tutrial berikut ini.

Cara Menghapus Menu Navigasi

Sama sperti cara mengganti judul menu diatas tadi, masuk ke dasbor blogger, pilih menu > dan edit HTML, dan cari kata atau judul yang ingin dihapus. Sebagai contoh, disini saya akan menghapus menu Multi Dropdown pada blog, lihat gambar dibawah.

Cara mengubah dan menghapus menu navigasi

Cara menghapusnya, kita cari dan temukan terlebih dulu kata tersebut pada html tempate. Coba perhatikan gambar dibawah ini.

Cara mengubah dan menghapus menu navigasi

Perhatikan kode yang di blok, dibagian pertama ada kode </li> dan bagian akhirnya ada kode </ul>, itu adalah kode pembuka dan penutup menu navigasi, jadi kalau ingin menghapusnya maka harus dari kode </li> sampai kode </ul> tersebut, jika salah satu tidak dihapus maka akan error.

Oke, sekarang kita hapus kode navigasinya dan jangan lupa klik save. dan lihat hasilnya berikut ini.

Cara mengubah dan menghapus menu navigasi

Menu multi dropdown nya sudah terhapus. Bagaimana, cukup mudah kan?

Menambahkan Link Pada Menu Navigasi

Sekarang bagaimana caranya menambahkan link di dalam menu navigasi?

Caranya sama dengan yang di atas. Pada dasbor blog anda pilih Tema > Edit HTML lalu cari nama menu yang ingin ditambahkan link. Coba perhatikan gambar kode html yang di block berikut ini :

Menambahkan link di menu navigasi blog

Gambar di atas adalah kode menu navigasi tapi belum ada link nya. Jika ingin menambahkan link di dalamnya, anda tinggal ganti tanda # yang ada di samping kode href= dengan link yang ingin kamu gunakan. Lalu save, selesai link sudah ditambahkan di menu navigasi.

Bagaimana, mudah kan?

Sekian dulu artikel kali ini, silahkan dicoba dan semoga bermanfaat... :D
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Ternyata caranya sangat mudah ya, sepertinya saya juga bisa deh. Pastinya berkat tutorial ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa gan, tinggal ikuti tutorial nya aja 😊

      Delete

Post a Comment