FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
6 Langkah Memaksimalkan Bisnis Online

6 Langkah Memaksimalkan Bisnis Online

Cara memaksimalkan bisnis online
Kalau Anda sudah punya bisnis online, atau bahkan belum dimulai bisnisnya, dan ingin maksimalkan omzet...

Silahkan baca artikel ini sampai habis untuk jawabannya..

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk maksimal omzet bisnis online Anda. Insyaa Allah artikel ini cocok dibaca bagi yang sudah punya bisnis, maupun belum punya bisnis.

Baca Juga : 3 Masalah Utama Pebisnis Di Indonesia

Dalam membangun bisnis online setidaknya ada 6 hal yang penting Anda lakukan untuk meningkatkan omzet.. Silahkan catat..


1. Produk Jual Yang Memiliki Value


Jika Anda belum mulai bisnis online, maka ini wajib. Pastikan produk yang Anda jual, memiliki value yang layak untuk dijual.. Anda bisa research terlebih dahulu. 

Cara riset paling sederhana adalah, membaca data pengguna online. Anda bisa download di Google, silahkan search "APJII". Maka akan diarahkan ke halaman "Asosiai Penyelenggara Jasa Internet Indonesia". Disana Anda bisa download data terbaru.. Siapa pengguna online terbesar dan memiliki daya beli yang tinggi?

Bahkan juga akan ditunjukan beberapa produk yang laris di online secara update.. 

Bagi Anda yang sudah punya bisnis, pastikan produk Anda memang dibutuhkan, diinginkan dan atau jadi solusi bagi permasalahan market.

Daan, pastikan produk tersebut memiliki "VALUE" yang layak jual.Value ini adalah NILAI. Artinya produk Anda harus bernilai.

Komposisi value ini dipenuhi oleh 2 hal : Core value dan Added value. Core value adalah nilai inti / manfaat inti dari produk yang Anda tawarkan. 

Sementara added value, nilai tambah yang ditawarkan dari produk Anda. Bisa berupa fungsi tambahan, emosional value (brand, design, dll), bonus, jaminan, dll.

Jadi, pastikan produk Anda dibutuhkan/dinginankan/jadi solusi dari masalahnya pasar. Dan memiliki value yang layak. Atau istilahnya : produk yang bernilai. Bukan asal produk, asal jualan.


2. Mulai Dari Produk Penetrasi


Untuk mempercepat closing dalam jumlah yang besar, Anda perlu menjual dari produk penetrasi duluan. Produk penetrasi ini adalah produk pembuka, yang mudah diserap. yang cepat diserap oleh calon pembeli Anda. 

Gampangnya, orang gak banyak mikir untuk beli produk penetrasi ini.

Bisa jadi produk penetrasi ini produk yang best seller, produk varian paling simple. atau produk yang paling murah.

Terpenting mereka jadi pembeli dulu. Dan pastikan merasakan kepuasan setelah membeli produk Anda. Setelah itu? Tawarkan varian lainnya yang lebih bernilai. Tentu harganya lebih premium.


3. Kuasai Digital Marketing


Digital marketing ini sangat penting untuk Anda kuasai. Saat ini, untuk memasarkan produk Anda kalau gak paham konsep dan strategi digital marketing, sepertinya akan tertinggal.

Intinya, digital marketing ini sebuah strategi untuk mengubah COLD MARKET, mengubah mereka yang belum mengenal produk Anda, hingga mereka sadar, kenal, dan minat dengan produk Anda, kemudian berujung klik ke salespage (halaman penjualan Anda).

Disinilah membutuhkan strategi yang tepat. Anda harus membuat sebuah penawaran yang mampu meningkatkan keinginan pembeli agar mau membeli produk anda.


4. Mainkan Strategi FUNNELING


Apa itu funneling? Mudahnya, ini adalah alur penjualan. Mengapa membutuhkan alur penjualan? Karena calon pembeli Anda ini ada 3 jenis. Cold market, warm market, dan hot market.

Dan funneling ini tugasnya : mengubah cold market, menjadi warm market, hingga menjadi hot market dan terus menjadi hot.

Mengubah mereka yang belum mengenal produk Anda, menjadi kenal, kemudian membeli produk Anda, setelah beli? Beli lagi, lagi, lagi dan lagi.

Maka diperlukan sales funnel : alur penjualan. 

Dari pintu mana duluan Anda akan menggiring calon pembeli? Apakah dari versi gratis? Dari versi murah? Produk pentrasi? Atau dari mana? Setelah itu, tawarkan produk lainnya, hingga dijaga terus agar mereka tetap membeli produk dari Anda. Inilah tugas funnel.


5. Perbanyak Traffic


Traffic ini penting. Apa itu traffic? Simplenya, ini adalah pengunjung website/landingpage Anda. Pengunjung bisnis Anda.

Kalau gak ada pengunjungnya, memangnya siapa yang mau beli? Iya kan?

Nah cara mendatangkan traffic ini ada 3 jenis.
  • Traffic yang dapat dikontrol
  • Traffic yang tak dapat dikontrol
  • Dan traffic yang dimiliki
Dan dari tiga hal itu, ada yang berbayar ada yang gratis.

Ketiga diantaranya sumber traffic yang paling cepat adalah : 
  • Facebook Ads (Traffic yang dapat dikontrol)
  • Instagram Ads (Traffic yang dapat dikontrol)
  • Endorse (Traffic yang tak dapat dikontrol)
Saya saat ini masih suka dengan Facebook & Instagram Ads. Karena lebih spesifik, tertarget dan lebih cepat.

Belajar Facebook Ads dan Instagram Ads, bisa di Kelasbos. Dijelaskan secara detail dan mendalam dengan bahasa yang mudah dipahami oleh pemula sekalipun.


6. Gunakan Landingpage


Yup! Untuk mempercepat sales dan meningkatkan hasil penjualannya, Anda disarankan menggunakan Landingpage. Ini adalah satu halaman tuju, yang isinya informasi tentang value produk Anda.

Biasanya dalam landingpage benar-benar dijelaskan apa manfaatnya, apa saja yang didapatkan, testimoninya, bonusnya, harganya, dst.

Sehingga dengan landingpage mampu mempercepat penjualan dan meningkatkan jumlah penjualannya

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment