FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Pedagang Online vs Pebisnis Online, Yang Manakah Anda?

Pedagang Online vs Pebisnis Online, Yang Manakah Anda?

Perbedaan Pebisnis online dengan pedagang online
Bisnis online di Indonesia dari tahun ke tahun semakin bertumbuh dan terus berkembang, terbukti dengan semakin banyaknya orang yang mulai tertarik untuk menggeluti bisnis online. Mulai dari pemain kecil hingga yang bermodal besar sudah mulai merambah ke dunia online.

 Apakah anda salah satunya?

Berbicara tentang bisnis online, tahukah kamu apa bedanya Pedagang Online dengan Pebisnis Online? Sekilas sama, tapi keduanya sangat berbeda.

Perbedaan Pebisnis Online Vs Pedagang Online :


#Pedagang Online

adalah seorang yang menghandle segalanya sendirian. Promosi sendiri, handle orderan sendiri, packing-packing sendiri, pokoknya semua dikerjakan serba sendiri.

Biasanya para pedagang online ini akan berusaha menguasai dan mendalami segala macam ilmu teknis seprerti tentang SEO, FB Ads, Riset, membuat toko online, optimasi youtube, develop website, dan lain-lain. Sehingga fokus mereka bukan ke bisnis tapi malah ke teknis.

Tidak salah mempelajari semua itu, jika anda seorang internet marketer maka ilmu-ilmu teknis tersebut memang harus anda kuasai. Tapi jika anda adalah seorang business owner maka fokus anda bukan ke teknis tapi fokus ke business skill.

#Pebisnis Online

adalah orang yang membangun bisnisnya dengan tim, segala hal-hal teknis yang disebutkan diatas tadi dia serahkan tugasnya kepada tim yang memang sudah ahli dibidang masing-masing. Dan seorang Pebisnis online itu harus benar-benar mempelajari tentang business skill yang dimiliki dalam dunia online.

Tugas Business Owner adalah memikirkan BISNIS, bukan hal-hal TEKNIS

Apakah seorang pebisnis online tidak boleh mepelajari hal-hal teknis? jawabnya tentu saja boleh dan tetap perlu mempelajarinya, akan tetapi jangan terlalu fokus ke hal-hal teknis tadi, kan sudah ada tim yang bisa mengerjakannya. Jadi fokuslah untuk mempelajari tentang ilmu business skill.

Baca Juga : 6 Langkah Memaksimalkan Bisnis Online

Sebagai seorang business owner atau pebisnis online, setidaknya ada 3 hal yang harus anda pikirkan.


Berikut 3 Poin Penting Yang Harus Dikuasai Oleh Pebisnis Online :


1. TRAFFIC


Bagaimana Caranya Mendatangkan Traffic?

ini berbicara tentang seberapa banyak orang yang mengunjungi website atau toko online anda. Pikirkan bagaimana caranya orang mau berbondong-bondong setiap harinya mengunjungi website anda sehingga traffic nya tinggi.

Anda bisa menggunakan 3 sumber traffic, yaitu : Organic Traffic, Paid Traffic, dan Direct Traffic. Anda bisa mempelajari tiga sumber traffic ini dari para internet marketer, karena memang mereka ahlinya.

2. CONVERTION


Bagaimana caranya agar mereka dengan senang hati mau MEMBELI produk anda tanpa paksaan?

Ini membahas tentang seberapa banyak orang (traffic/visitor/leads/prospek) yang mengunjungi website atau toko online anda, pada akhirnya memutuskan untuk membeli produk anda.

Disinilah pentingnya ilmu Copywriting dan Teknik Closing. Jadi pelajarilah kedua ilmu tersebut. Untuk mempelajari ilmu copywriting anda bisa pelajari dari buku Easy Copywriting, dan untuk Teknik Closing bisa dipelajari dari buku 30 Hari Jago Jualan karya Dewa Eka Prayoga.

3. RELATIONSHIP


Bagaimana membangun hubungan dan ikatan emosional dengan Pembeli atau Calon Pelanggan?

Ini berbicara tentang seberapa hebat anda membangun hubungan dengan databes anda, baik prospek (calon pembeli) maupun buyer (pembeli).

Inilah yang sering dilupakan oleh seorang business owner, seringkali mereka menginginkan hasil yang instan. Jika sudah closing, ya sudah..!

Padahal seharusnya tidak demikian. Anda harus membangun hubungan jangka panjang dengan mereka. Anda harus membuat mereka benar-benar loyal kepada anda. Tujuannya adalah agar mereka mau beli dan beli lagi (repeat order), beli lebih banyak, dan mau merekomendasikan produk anda kepada teman-temannya.

Bagaimana, apakah anda sudah memahami 3 poin penting ini dalam binsis online?

Intinya jika anda ingin menjadi seorang pebisnis online, maka anda harus fokus melatih dan menguasai business skill, dan mempelajari 3 poin tadi.

Nah, sekarang pertanyaannya, yang manakah anda saat ini? apakah anda seorang pebisnis online atau seorang pedagang online yang mengerjakan segalanya sendiri?

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

  1. Ane tdk keduanya Gan. Hehehe

    Artikelnya bagus dan sangat bermanfaat Gan

    ReplyDelete
  2. wah bermanfaat banget nih thanks ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama2 gan, makasi juga sudah mampir disini :D

      Delete

Post a Comment