FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
4 Kerja Utama Dalam Bisnis

4 Kerja Utama Dalam Bisnis

Kerja utama dalam bisnis
Dalam sebuah bisnis, pasti tidak lepas dengan yang namanya penjualan. Bagaimana caranya penjualan bisa terus meningkat dan profit juga meningkat. Sehingga bisnis bisa terus bertumbuh.

Semua itu butuh proses dan keahlian untuk meraihnya. Gak bisa asal-asalan, karena memang ada ilmunya.

Banyak sekali hal-hal yang harus dipelajari tentang bisnis, seperti tentang leadership, bagaimana membangun tim yang baik, ilmu marekting, tentang keuangan, bagaimana membidik pasar potensial, dan lainnya.

Semua itu memang diperlukan dalam bisnis, karena tanpa ilmu pengetahuan yang baik tentang bisnis, rasanya mustahil bisnis anda akan berkembang.

Tapi dari sekian banyak hal yang berkaitan dengan ilmu bisnis, setidaknya ada 4 inti utama dalam proses sebuah bisnis.

Saya akan tuliskan konsepnya secara sederhana saja. Karena saya menyadari bahwa sahabat UMKM sudah sangat tinggi beban fikirannya, memberikan hal-hal yang rumit bukan solusi.



Inilah 4 Kerja Utama Dalam Bisnis



1. Kerja menciptakan SALES

Tahap 1 adalah bagaimana asset didalam bisnis bekerja menciptakan sales. Ini kerja pertama yang harus diutamakan. Maka fokus bisnis ada pada validasi value product dan membaca keinginan pasar secara mendalam.

Memastikan produk terjual, dan terjadi repeat buying. Ditambah lagi optimalisasi asset yang ada agar produktif menghasilkan penjualan.


2. Kerja menciptakan GROSS PROFIT

Setelah menciptakan sales, kerja berikutnya adalah memastikan biaya atas produk atau layanan dicapai se-efisien mungkin. Didalam bisnis disebut dengan "Variabel Cost".

Ini harus diperhatikan karena setiap penjualan pasti makan biaya. Makin banyak yang Anda jual, berarti makin besar biaya produk dan layanan yang "termakan".

Jika variabel cost terlalu besar, maka output LABA KOTOR akan tipis. Ini yang membuat bisnis seakan kerja bakti tanpa hasil.


3. Kerja menciptakan NET PROFIT

Setelah LABA KOTOR tercipta, selanjutnya ia akan termakan oleh fix cost atau biaya-biaya operasional yang sifatnya tetap. Gaji karyawan, sewa tempat, iuran lingkungan yang ditarik bulanan, dan banyak lagi fix cost yang ada.

Kerja ke-3 dari bisnis adalah memastikan biaya tetap ini efektif dan efisien. Sehingga net profit atau laba bersih tetap sehat.


4. Kerja memperbesar ASSET

Setelah laba bersih tercipta, tugas bisnis berikutnya adalah bagaimana membelanjakan laba bersih tersebut. Di-belanjakan kemanakah uang yang ada, agar penjualan bisa naik.

Apakah perlu dilakukan perluasan pabrik, pembelian mesin baru, atau investasi di SDM. Kemanakah energi laba bersih harus dibelanjakan. Itulah kerja ke-4.

Ingat, gunakanlah net profit untuk keperluan membesar asset bisnis anda, sisanya baru anda gunakan untuk keperluan pribadi. Jangan kebalik.!

itulah kerja utama dalam bisnis saya rangkum secara sederhana.

Silakan forward tulisan ini ke linimasa Anda, atau sahabat terkasih Anda._
Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment