Cara Mempercepat Loading Blog atau Website

Iklan 728x90

Cara Mempercepat Loading Blog atau Website

Cara mempercepat loading blog atau website
Di jaman sekarang ini semua serba cepat, semua orang ingin mendapatkan informasi yang mereka butuhkan dengan cepat. Jadi anda harus perhatikan kondisi ini.

Jika anda adalah seorang pemilik website atau blog, maka kecepatan loading sebuah blog atau website adalah hal yang harus diperhatikan. Jika blog anda loadingnya lambat maka pengunjung akan minggat, karena pengguna tidak sabar untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan.

Menurut hasil survey Google, rata-rata pengguna internet di Indonesia akan meninggalkan website atau blog dengan loading lebih dari 3 detik, dan tidak akan kembali mengunjungi website tersebut.

Artinya, jika loading blog anda lambat, maka blog anda berpotensi kehilangan pengunjung, dan mereka tidak akan mau kembali lagi ke bog atau website anda. Karena mereka sudah menandai blog anda sebagai blog yang lemot.

Selain itu, salah satu faktor penentu SEO adalah kecepatan website. Kecepatan loading website atau blog memegang peranan penting dalam kualitas SEO Anda. Google sudah menjadikan page speed (kecepatan loading halaman) sebagai salah satu indikator sejak 2010. Namun, pada saat itu Google hanya fokus pada kecepatan loading di perangkat desktop.

Pada 2018, Google memperbarui regulasinya dengan mengikutsertakan kecepatan loading di perangkat mobile sebagai indikator SEO. Jadi kecepatan website, baik di perangkat desktop maupun mobile, akan dinilai Google untuk menentukan peringkat di hasil pencarian.

Faktor tersebut bisa berubah kapan saja mengikuti update algoritma Google. Jadi Anda harus selalu mengikuti perkembangan yang dirilis Google agar bisa menyesuaikan komponen-komponen SEO Anda dengan algoritma terbaru.




Berikut Cara Membuat Loading Website Lebih Cepat



1. Gunakan Template Yang Fast Laoding

Salah satu penyebab loading blog menjadi berat bisa disebabkan oleh template yang tidak baik. Maka dari itu anda harus memastikan bahwa template yang digunakan mempunyai kecepatan loading yang baik.

Sebagai saran, anda bisa menggunakan template blogger seperti Viomagz, Blanter, dan Igniplex. Atau bisa kunjungi artikel saya sebelumnya yang berjudul Rekomendasi Template Blogger SEO friendly Terbaik. Disana anda bisa menemukan beberapa rekomendasi template blogger yang baik untuk blog.



2. Kompres Gambar Sebelum di Upload

Menambahkan gambar pada sebuah artikel blog memang bisa menambah tamplilan blog menjadi lebih menarik dan lebih informatif. Apalagi jika tulisan di artikel anda cukup panjang, penambahan gambar sangat diperlukan agar pembaca tidak bosan dengan huruf-huruf.

Akan tetapi, gambar yang di upload pada blog bisa mempengaruhi kecepatan loading blog anda. Apalagi gambar yang di upload berukuran sangat besar, sudah pasti loading blog akan terbebani. Maka dari itu gambar yang ingin anda upload harus di kompres terlebih dahulu.


Gunakan gambar dengan ukuran maksimal 50kb.


Untuk mengkompres gambar ada bisa menggunakan tolls seperti CompressJpeg, iloveimg, Hifdf, dan QReduce Lite (untuk mobile)



3. Upload Video Dari Youtube

Terkadang kita ingin menambahkan video pada blog untuk menambahkan sebuah informasi agar lebih mudah dipahami. Tapi jika jika video langsung di upload ke dalam blog anda tentu ini akan sangat membebani blog anda, sehingga loading blog juga akan melambat.

Untuk mengatasi hal ini anda bisa menambahkan video dengan link embed youtube. Caranya, anda upload terlebih dulu video anda di youtube, ambil link embednya dan letakan di blog.


Jika menggunakan blogger, bisa langsung menambahkan video youtube melalui menu Add a Video > pilih From Youtube atau My Youtube Videos

Upload video youtube  ke blog


4. Hapus Widget Yang Tidak Terlalu Penting

Widget memang diperlukan untuk melengkapi tampilan dan kebutuhan blog anda, seperti misalkan ingin menampilkan postingan populer pada blog, sehingga dengan widget ini anda bisa lebih mudah untuk merekomendasikan artikel-artikel yang lain.

Tapi sayangnya widget-widget ini bisa membebani blog anda sehingga loading akan menjadi lambat. Maka dari itu jangan gunakan widget secara berlebihan, gunakan saja yang dirasa penting. Saran saya, gunakan widget maksimal 3 saja pada blog anda.



5. Gunakan Script Lazy Load Adsense

Untuk cara ini khusus untuk website atau blog yang sudah dipasang iklan Adsense. Terkadang iklan Adesene bisa mempengaruhi kecepatan sebuah blog atau website, apalagi jika iklan yang diletakan di blog cukup banyak sudah pasti loading blog akan menjadi berat.

Untuk mengatasi masalah ini, anda membutuhkan sebuah script. Script ini biasa disebut dengan istilah Lazy Load Adsense. Cara kerja script ini adalah menampilkan semua halaman blog anda terlebih dahulu, baru iklan akan ditampilkan. Dengan begitu blog anda tidak akan terbebani oleh script iklan yang berat.


Bagaimana cara menerapkannya di blog? Cara ini sudah saya bahas secara lengkap pada artikel sebelumnya yang berjudul Cara Mempercepat Loading Blog Adsense.


Itulah beberapa cara untuk mempercepat loading sebuah blog atau website, silahkan dicoba dab semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

Post a Comment