Cara Membuat Tabel Blog Dengan MS Word

Iklan 728x90

Cara Membuat Tabel Blog Dengan MS Word

Membuat tabel di blog terkadang sangat diperlukan untuk keperluan tertentu, seperti misalkan ingin menjelaskan fitur-fitur sebuah produk agar terlihat lebih rapi dan mudah dipahami.

Tapi perlu diperhatikan juga apakah tabel yang dibuat responsif atau tidak, bisa mengikuti tampilan layar saat dibuka menggunakan desktop ataupun seluler.

Untuk membuat tabel yang responsif di blog bisa menggunakan beberapa cara, salah satu caranya bisa menggunakan Ms Word yang akan kita bahas pada artikel kali ini.

Pada artikel sebelumnya saya juga sudah membahas tentang cara membuat tabel menggunakan sebuah srcipt table, silahkan cek cara disini : Membuat Tabel Responsif


Baik, sekarang kita lanjut ke cara membuat tabel blog dengan ms word


Pertama, silahkan buka aplikasi Ms Word di komputer anda, lalu pilih menu insert, lalu pilih table, dan pilih jumlah kolom table yang ingin anda buat. Lihat gambar berikut ini:
cara membuat tabel blog dengan ms word
Selanjutnya, silahkan anda buat tampilan tabel sesuai selera anda, disini saya memberi contoh dengan tampilan table yang sederhana saja.

Jika table yang anda buat sudah sesuai keinginan anda, selanjutnya silahkan klik File > lalu klik Save. Lihat gambar berikut
cara membuat tabel blog dengan ms word
Selanjutnya akan dibawa ke halaman penyimpanan file di komputer anda, Simpan file tabel nya dengan tipe Web Page, lihat gambar berikut.
cara membuat tabel blog dengan ms word
File sudah tersimpan, selanjutnya silahkan buka file tabel tadi dengan menggunakan Chrome, dan akan terbuka gambar tabel seperti berikut ini:
cara membuat tabel blog dengan ms word
Nah, sekarang pertanyaannya bagaimana caranya meletakan tabel ini di blog anda?

Baik, untuk bisa meletakan tabel tersebut pada blog, yang kita butuhkan adalah script atau kode html dari table tersebut.

Cara membuka kode html nya silahkan tekan CTRL + U pada komputer anda, dan akan terbuka tampilan script tabel seperti gambar berikut ini
cara membuat tabel blog dengan ms word
Kode table di atas tidak perlu disalin  semua, anda hanya perlu salin scriptnya mulai dari kode <table sampai </table> saja.

Selanjutnya silahkan masuk ke postingan blog anda, dan pilih mode HTML (bukan compose) dan letakan kode table tadi.

Selesai, dan lihat hasinya.

Berikut adalah contoh tabel yang dibuat dari Ms Word.

Judul
Keterangan
Harga
Template Vimagz
SEO friendly
195 ribu
Template Igniplex
SEO friendly
200 ribu
Template Blanter
SEO friendly
80 ribu

Nah, itulah cara membuat table blog dengan menggunakan Ms Word. Anda juga bisa membuat tabel untuk blog anda dengan menggunakan Microsoft excel, caranya sama saja dengan cara ini.

Sekian dulu artikel kali ini, silahkan dipraktekan dan semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Jadi inget pelajaran b.tik disuruh membuat table di ms word, salah malah gabisa.. 😂

    ReplyDelete

Post a Comment