FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
5 Cara Membangun Bisnis Online Agar Bisa Terus Bertumbuh

5 Cara Membangun Bisnis Online Agar Bisa Terus Bertumbuh

Halo sobat,  Masih ingat kan? Beberapa waktu yang lalu media social terbesar saat ini yaitu (Facebook, Instagram, WhatsApp) sempat mengalami down dalam waktu yang cukup lama. Yaa secanggih apapun, namanya buatan manusia, tidak ada yang 100% sempurna. Kecuali berupaya semaksimal mungkin mendekati sempurna. Iya kan?

Wajar saja ketiga platform down bersamaan. Wong IG dan WA sudah dibeli sama Facebook.

Kemudian saya memperhatikan.. Tim saya cukup kerepotan. Karena mau posting gambar di Instagram, juga gak bisa. Menurut saya, itu down yang cukup lama. Gak bisa diakses, gak bisa posting, gak bisa kayak biasanya.

Bayangkan kalau bisnis Anda sepenuhnya menggunakan media social saja. Bagaimana caranya bisa terus bertumbuh?

Silahkan simak artikel ini sampai habis. Karena Insyaa Allah Anda akan mengetahui beberapa caranya untuk hadapi hal ini. Catat dan praktikkan.


Berikut Cara Agar Bisnis Online Bisa Terus Bertumbuh


1. Bangun Website dan Landingpage dari sekarang

Latih audiens Anda sejak sekarang untuk melakukan pembelian via website. Jangan biarkan bisnis Anda berdiri tanpa sebuah website/webstore. Coba perhatikan brand-brand besar.. Mereka rata-rata memiliki website. Seluruh orderannya via web.

Kalau Anda masih mengatakan begini "tapi pembeli saya emak-emak yang belum terbiasa". Mulai sekarang singkirkan jauh-jauh pemikiran itu.

Memang harus diakui, di negeri ini masih perlu upaya lebih dan strategi funnel yang tepat. Tapi bukan tidak bisa.. Mereka bisa dilatih untuk belanja di website.

Buktinya, emak-emak sudah terbiasa belanja di shopee, dimana untuk belanja di shopee harus punya akun dulu, harus registrasi dulu. Bayangkan..

Untuk melatih market anda beli via website anda beberapa langkah yang perlu dilakukan.

Salah satu caranya, optimasi dengan landing page.

Apa bedanya web dan landingpage?

Landingpage hanya satu halaman yang biasanya digunakan untuk mempromosikan salah satu produk. Nanti di landingpage ini dibuat dengan kalimat penjualan plus mendorong mereka untuk 'klik' tombol beli.

Kemudian diarahkan ke form order yang sangat simple.. Agar memudahkan mereka.

Jadi, segera bangun webstore Anda. Nantinya Facebook dan Instagram, kita gunakan sebagai channel pemasaran serta channel untuk berinteraksi dengan audiens.

Kalau down lagi? Manfaatkan channel lain, masih bisa pakai Google Ads, Youtube, Telegram, Line, dll. Terpenting Anda masih bisa jualan melalui Web. Dan setidaknya audiens sudah mulai terbiasa.. Untuk beli, tinggal klik web Anda.


2. Miliki database calon pelanggan dan pelanggan

Yang kedua, kumpulkan database 'calon' pelanggan dan pembeli Anda. Saran saya, kumpulkan alamat emailnya. Jangan salah, jualan madu juga bisa dimaksimalkan menggunakan email marketing. Salah satu contohnya, Madu Java-Honey menggunakan email sebagai salah satu channel pemasarannya.

Brand-brand besar seperti traveloka, lazada, shopee, dll, rata-rata juga memanfaatkan email sebagai salah satu channel pemasarannya.

Cara mendapatkan email, beragam. Anda bisa memberikan voucher diskon, giveaway, bonus, gratis ongkir, video tips, dll.

Sehingga, saat media social down, Anda tetap tenang. Masih bisa berjualan, dengan mengirimkan broadcast email. Bayangkan kalau punya puluhan ribu kontak email.. Sekali broadcast, terkirim ke puluhan ribu orang.


3. Bangun interaksi dengan database Anda

Agar audiens terbiasa dengan Anda, maka bangun interaksi. Berikan artikel rutin, edukasi, cerita, dan hal-hal lain yang Anda bagikan melalui email. Setelah ini, Anda bisa jualan menawarkan produknya.

Pastikan anda bangun interaksi terlebih dahulu kepada audiens anda sebelum menawarkan produk.


4. Pastikan bisnisnya punya value yang kuat

Ini penting. Pastikan bisnis Anda punya value yang kuat, dan benar-benar 'minginin'. Sehingga orang rela meski harus mengunjungi web, untuk membeli produk Anda.


5. Lakukan branding sejak awal

Terakhir, lakukan branding. Tujuannya membuat brand Anda melekat, dikenal, masuk ke dalam benak audiens. Sehingga saat mencari hijab (misalnya), ingatnya ke beberapa brand.. Hanya mau beli ke brand-brand yang sudah merasuk ke dalam bawah sadarnya. Inilah branding.

Untuk anda yang ingin mempelajari lebih dalam tentang branding anda bisa lansung belajar kepada bapak Subiakto Priosoedarsono, beliau adalah salah satu pakar branding yang tersohor di Indonesia.

Nah itulah bebearapa cara membangun bisnis online yang bisa saya share kali ini.
Jadi, silahkan simpulkan sendiri...
Semoga Anda memahaminya.. Dan bisa mempraktikkannya
Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Wah makasih bang tips, oh ya bikin web toko online yang rekomended dimana ya bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bikin web toko online bisa coba di Yukbisnis.com

      Delete

Post a Comment