Begini Cara Riset Pasar Online Agar Jualan Tetap Laris

Iklan 728x90

Begini Cara Riset Pasar Online Agar Jualan Tetap Laris

Halo sobat blogger, bagaimana kabarnya hari ini?

Nah, pada artikel kali ini saya akan share tentanng cara riset pasar kecil-kecilan, lebih tepatnya cara riset pasar online.

Di era digital seperti sekarang ini perkembangan bisnis online sudah sangat pesat dan terus meningkat setiap tahunnya, dari pebisnis kecil hingga pebisnis dengan modal besar mereka sudah masuk dalam dunia pemasaran online. Persaingan semakin berat, persaingan semakin berdarah-darah.
Cara riset pasar online
Dengan semakin ketatnya persaingan dalam bisnis online ini anda dituntut untuk bisa memehami situasi dan kondisi yang terus berkembang. Maka dari itu lakukanlah survey atau riset pasar online untuk membantu perkembangan bisnis online Anda agar bisnis tetap bertahan dan menang.

Baca Juga : 3 Tahapan Dalam Bisnis Yang Harus Dilalui

Tidak hanya mencari tahu produk apa yang diinginkan di pasaran namun penting bagi pelaku bisnis online untuk selalu meriset pasar. Riset pasar berfungsi untuk mengetahui seberapa besar permintaan pasar terhadap produk yang dipasarkan dan bisa  mengetahui siapa dan seberapa berat tingkat persaingan sehingga bisa koperatif.

Bagaimana caranya?

Ada cara sistematis yang telah diformulasikan  oleh Bapak Joko Susilo, seorang pakar internet marketer terkemuka di Indonesia, bahwa meriset pasar  bisa dilakukan tidak lebih dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

Berikut Cara Riset Pasar Online:


Langkah Pertama : Serius mengamati  situasi pasar


Caranya :

Follow up informasi terbaru terkait produk yang dipasarkan. Anda bisa gunakan Google Alert untuk mendapatkan kemudahan saat melakukannya.
Amati dan pelajari gaya promosi serta pelayanan dari  merchant-merchant yang memiliki angka penjualan yang paling baik. Akan lebih baik jika Anda mencoba berbelanja kepada mereka untuk merasakan seperti apa pelayanan dan produknya.

Langkah Kedua : Ukur permintaan produk


Caranya :

List kata kunci (keyword) yang berkaitan dengan produk Anda, seperti brand-brand terkenal dengan produk yang sejenis.
Gunakan mesin pencari kemudian masukkan brand-brand tersebut dalam Keyword Selector Tool dan enter.

Lihat urutan brand dari yang paling banyak dicari sampai dengan yang paling sedikit di mesin pencari.  Dengan begitu Anda bisa tahu seberapa besar tingkat permintaan pengunjung dengan chart tersebut.

Langkah Ketiga : Cek persaingan antar penjual


Caranya:

Mencari tahu jumlah pesaing yang sudah beriklan di Google. Anda bisa gunakan Paid Search Listings, seperti mesin pencarian milik Google, yahoo dll. Terletak di pojok kanan dengan tulisan “Sponsored Results” Kemudian masukan keyword terkait maka hasil  pencarian tersebut akan melampirkan informasi beberapa pesaing  yang sudah beriklan dan melakukan penawaran. Akan lebih baik lagi jika Anda memasukkan keyword yang lebih  spesifik, jadi Anda bisa tahu persis berapa jumlah pesaing yang ada.

Cek persaingan antar penjual melalui google

Anda bisa juga gunakan Search Listings Biasa. Cara ini sama seperti saat Anda menggunakan mesin pencari biasa. googling dengan memasukkan keyword  dan tekan enter. Kemudian Anda bisa melihat beberapa tampilan disertai icon ‘Ad’, artinya hasil pencarian tersebut sudah menggunakan iklan adwords.

Jika katiga langkah tersebut telah diaplikasikan maka kemudahan untuk menggencarkan stategi penjualan dengan sukses akan semakin terbuka. Semoga berhasil.

Salam Sukses....
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

  1. Persaingan kalau pasar online itu satu gan sulitnya mencari peminatan seorang untuk melihat barang yg kita jual

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul gan, itu juga menjadi tantangan bagi seorang pebisnis online, terutama yang menjual produk fisik.

      Mungkin solusinya selain membangun brand yang baik, juga perlu membangun Personal branding. Biasanya customer akan membeli kepada orang yang dia percaya. Tapi ini butuh proses. :D

      Delete

Post a Comment