Cara Mengganti Template Blog Dengan Template Sendiri

Iklan 728x90

Cara Mengganti Template Blog Dengan Template Sendiri

Cara mengganti template bogger
Cara mengganti template blog (blogspot).
Sebagai seorang bogger mengganti template atau tema Blog adalah seuatu yang biasa dilakukan untuk membuat tampilan blognya menjadi lebih menarik dan enak untuk dilihat. Dan yang lebih penting lagi dari mengganti template blog adalah agar situs/blog tersebut lebih SEO Friendly.

Bagi seorang blogger yang sudah terbiasa mengutak-atik blog tentunya sudah tidak asing lagi dengan cara mengganti template/ tema blog sesuai keinginan, tapi bagi seorang pemula yang baru saja membuat blog mungkin masih bingung bagaimana caranya.

Sebenarnya mengganti template pada sebuah Blogger (blogspot) bukanlah hal yang sulit, pada artikel kali ini saya akan jelaskan cara mudah untuk mengganti dan memasang template baru di sebuah Blogger.

Sebelum saya jelaskan caranya, ada baiknya saya juga memberikan rekomendasi template-tempate blogger yang bagus untuk anda gunakan di blog.

Saat ini ada berbagai macam template Blogger yang bisa kamu gunakan secara gratis dan ada juga yang berbayar.

Baca Juga : Rekomendasi Template Blogger SOE Friendly Terbaik.


Sebelum anda memutuskan untuk memilih sebuah template untuk blog anda, sebaiknya anda perlu perhatikan fitur-fitur templatenya terlebih dahulu, seperti berikut:

  • Apakah template sudah Responsive (saat dibuka melalui perangkat seluler tampilannya mengikuti lebar layar) ?
  • Apakah sudah SEO Friendly?
  • Apakah tampilannya mudah untuk dinavigasi?
  • Apakah ada struktur kode yang error?
  • Cek juga kecepatan loadingnya ?
  • Dan lainnya.
Memilih template blog yang baik juga akan berpengaruh terhadapat blog anda ke depannya.

Sebagai referensi buat anda yang ingin mengganti template blogger dengan template custom, saya merekomendasikan 4 template custom blogger terbaik seo friendly pada saat ini.


Rekomendasi Template Blogger


Berikut ini beberapa rekomendasi situs tempat download template Blog yang bisa anda coba. Jika sudah menemukan template yang anda suka, silahkan download template tersebut dan ikuti langkah-langkah berikut ini untuk memasang template pada Blog anda.



Pilihlah template yang sesuai dengan keinginan anda.


Cara Memasang Template Blogger


Setelah selesai mendownload template, sekarang kita lanjut ke cara memasangnya pada blog.

Template yang sudah kamu download tadi biasanya menggunakan format .xml. Nah format .xml inilah yang akan digunakan untuk mengganti template blog anda.

Untuk memasang template pada blogger bisa dilakukan dengan 2 cara, untuk lebih jelasnya silahkan simak tutorialnya berikut ini:



Cara Pertama : Upload File XML Template

Masuk ke Blogger.com, lalu pilih menu Tema/Template, lalu pilih menu Backup / Pulihkan yang ada di pojok kanan atas. lebih jelasnya lihat gambar berikut:



Tutorial cara mengganti template blog

Selanjutnya akan muncul tampilan seperti berikut ini:


Tutorial cara mengganti template blog

Perhatikan tanda panah diatas, Silahkan klik Download Tema terlebih dahulu untuk menyimpan tema yang akan diganti supaya tidak hilang dan bisa digunakan kembali dilain waktu. Lalu klik Pilih File dan pilih file template yang ingin anda pasang, ingat pilih file tempate dengan format .xml, dan klik Upload. Selesai template baru anda sudah terpasang di blog anda.

Cara Kedua : Salin Langsung HTML Template


Masuk ke Blogger, lalu pilih menu Tema / Tempalte, lalu pilih menu Edit HTML. Lihat gambar berikut ini:


Tutorial cara mengganti template blog

Dan akan muncul tampilan kode HTML seperti gambar berikut ini:


Tutorial cara mengganti template blog

Hapus semua kode HTLM template yang tertera di dalam kolom, dan ganti dengan kode HTML template yang ingin anda pasang, dan klik Simpan Tema/Template. Selesai.

Cara membuka kode html template yang telah di download tadi, silahkan pilih format .mxl lalu buka menggunakan Notepad pada komputer anda, dan salin semua kode html tersebut dan paste kan pada kolom edit HTML diatas tadi.


Nah, itulah 2 cara mengganti template blog pada platform blogger yang bisa saya share kali ini, saya pribadi lebih suka menggunakan cara yang kedua, karena menurut saya hasilnya lebih sempurna. Kalau cara yang pertama terkadang masih ada yang nyangkut sisa-sisa file template yang lama, tapi ini jarang terjadi.


Sekian dulu artikel kali ini, silahkan dicoba ya dan semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

  1. Tutorialnya sangat membantu dan saya sudah menerapkannya pada blog yang saya kelola.

    ReplyDelete
  2. Wah mantap kak, saya juga lebih suka cara yang no 2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar, cara yang no 2 menurut saya hasilnya lebih bagus

      Delete

Post a Comment