Kenapa Anda Harus Membuat Blog? Berikut Alasannya

Iklan 728x90

Kenapa Anda Harus Membuat Blog? Berikut Alasannya

Alasan kenapa anda perlu membuat blog
Alasan Kenapa Anda Perlu Membuat Blog

Mungkin anda  pernah terlintas pertanyaan seperti ini:
  • Perlu nggak sih membuat blog?
  • Kenapa sih mesti membuat blog?
  • Apasih untungnya kalau punya blog?
Sebelum menjawab pertanyaan-pertanyaan di atas ada baiknya anda tahu terlebih dahulu definisi dari blog tersebut. Blog adalah tempat atau media untuk menuangkan inspirasi dan informasi melalui tulisan yang bisa diakses oleh semua pengguna internet. Bagi anda yang suka menulis maka blog adalah media yang tepat untuk anda.

Membuat sebuah blog sangatlah mudah dan sederhana, hanya perlu melakukan beberapa klik saja blog sudah siap dan anda sudah bisa mulai ngeblog.

Ada beberepa tempat atau media untuk membuat blog yang bisa anda gunakan, seperti Wordpress, Blogger, Weebly, dan lainya.

Semua media pembuat blog yang disebutkan diatas tadi bisa diakses secara gratis. Anda hanya perlu membeli domain agar nama blog anda menjadi terlihat lebih profesional.

Baca Juga: 
Sebelum anda lanjut membuat blog, ada baiknya anda simak terlebih dahulu alasan kenapa membuat blog itu penting, terutama bagi anda yang suka menuangkan ide-ide kreatifnya melalui tulisan.

Berikut Alasan Kenapa Anda Perlu Mulai Membuat Blog:


1. Memulai Blog Itu Mudah, Tidak Membutuhkan Skill Khusus

Seperti yang telah disebutkan di atas, membuat blog itu sangat mudah anda perlu membutuhkan skill teknis, anda hanya perlu mengikuti langakah-lanhkah pada tutorial atau panduan cara membuat blog yang telah saya share di atas tadi..

2. Bisa Membantu Mempromosikan Diri Anda atau Bisnis Anda

Dengan sebuah blog tentunya anda juga bisa menarik perhatian para pengguna internet. Saat ini penguna internet sudah sangat banyak, dan kebanyakan dari mereka akan searching di Google untuk mencari informasi yang mereka inginkan. Tentunya ini juga menjadi peluang bagi anda yang ingin memperkenal diri anda atau ingin mempromosikan bisnis anda.

3. Membantu Membangun Otoritas

Memiliki blog dan menulis tentang topik penting yang relevan dengan audiens Anda membuat Anda memiliki otoritas di ruang tersebut. Ini memperkuat citra profesional Anda.

4. Bisa Dilakukan Kapanpun dan Dimanapun.

Mungkin anda pernah berfikir bahwa ngeblog (blogging) itu hanya bisa dilakukan dengan komputer atau laptop saja, padahal blog bisa digunakan melalui handphone (smartphone) anda, jadi anda bisa menjalankan website atau blog anda kapan saja dan dimana saja, anda bisa blogging di rumah, di cafe, saat perjalanan, atau ketika liburan.

5. Mampu Meningkatkan Skill Menulis Anda

Seperti kata pepatah 'Bisa karena terbiasa'. Semakin lama dan sering anda melakukan sesuatu, semakin baik anda melakukannya.

Blogging menuntut anda untuk terus aktif menulis dan membuat artikel yang berkualitas. Kebiasaan menulis yang terus dilakukan pastinya membuat anda akan semakin terbiasa dan bisa meningkatkan skill menulis anda.

Semakin banyak Anda menulis, Anda akan jadi penulis yang semakin baik. Bahkan ahkan beberapa blogger yang sukses, awalnya bukan penulis yang baik. Melalui blogging, mereka meningkatkan kemampuan menulis.

6. Tempat Berbagi Pengetahuan Dengan Orang Lain

Blog hingga saat ini masih menjadi sumber informasi bagi sebagian orang.
Jika anda mempunyai suatu pengetahuan atau informasi bermanfaat yang anda rasa perlu di share kepada orang-orang, anda bisa menuliskannya dalam sebuah blog dan tulisan anda berpotensi dibaca oleh ribuan hingga jutaan orang.

Misalnya, Bila Anda ahli dalam produk elektronik, Anda bisa menggunakan keahlian ini pada blog. Anda bisa membuat artikel review tentang produk elektronik yang membantu konsumen menemukan produk terbaik serta panduan bagaimana menggunakan produk tersebut.

Sebagai hasilnya, Anda bisa membantu banyak orang membuat keputusan lebih baik ketika membeli produk tertentu.

7. Blog Bisa Membantu Meningkatkan Penjualan

Jika anda mempunyai sebuah bisnis, anda bisa membuat sebuah blog yang berkaitan dengan bisnis anda. Anda bisa memperkenalkan bisnis dan produk anda melalui blog, sehingga bisnis anda bisa menjangkau lebih banyak audiens dan bepotensi dikenal lebih luas lagi.

Bangun image bisnis anda dengan baik, sehingga para pengunjung blog tertarik dengan bisnis anda. Ini juga bisa meningkatkan kepercayaan pengunjung terhadap bisnis anda, dan juga berpotensi meningkatkan penjualan produk anda.

Catatan : Gunakan blog sebagai sumber trafik, ika ingin menjual produk secara online sebaiknya buatlah toko online bisnis anda, dan gunakan Blog sebagai sumber trafik dan informasi tentang bisnis anda.

8. Blogging Jadi Awal Dari Karir Menulis

Melalui blogging, ada banyak blogger yang telah menulis buku dan menjadikan menulis sebagai pekerjaan di website-website besar. Ini jadi bukti kalau blog memiliki kekuatan sangat besar saat ini.

Di masa lalu bila Anda ingin menjadi penulis, Anda biasanya perlu memiliki gelar dan bila ingin menulis sebuah buku Anda harus beruntung menemukan penerbit atau mengenal seseorang di industri ini. Sekarang, dengan sebuah blog Anda bisa menampilkan tulisan ke siapa saja, membangun audiens, dan membuktikan kalau Anda bisa menulis dengan baik karena sudah ada audiens untuk tulisan Anda.

9. Menciptakan Kesempatan

Blogging bisa mengarah ke bisnis atau trafik lain yang menciptakan kesempatan. Misalnya, orang yang menemukan Anda melalui blog menghubungi Anda untuk jadi pembicara di sebuah acara. Blogging memungkinkan siapa saja yang memiliki sesuatu yang menarik untuk diidentifikasikan sebagai seorang ahli.

10. Menata Ide Dan Belajar

Blogging memaksa Anda untuk mengajarkan diri sendiri apa yang Anda tidak tahu dan mengungkapkan apa yang Anda tahu. Ketika mulai menulis post blog, Anda dipaksa untuk mengorganisasikan ide. Bila ada celah pemisah di topik yang Anda tulis, Anda harus mempelajarinya. Menulis dan mengungkapkan ide jadi cara untuk menginternalisasikan sesuatu yang telah Anda pelajari atau alami. Menulis membantu Anda menjadi lebih familiar dengan topik yang Anda tulis.

11. Membagikan Cerita Anda

Blogging memungkinkan Anda menjadi perusahaan media sendiri. Anda bisa membagikan cerita dengan cara yang Anda inginkan tanpa bergantung pada jurnalis. Ketika Anda menulis tentang sebuah topik sendiri yang Anda minati, Anda bisa memutuskan bagaimana memotret cerita tersebut, informasi apa yang perlu disertakan, dan mana yang perlu dihapus. Blogging membuat Anda bisa memastikan semua informasi faktual yang disertakan di blog.

12. Bertemu Orang Baru

Audiens yang Anda peroleh dari blogging tidak harus selalu menjadi audiens Anda. Mereka bisa menjadi teman, rekan kerja, partner, atau lainnya. Ada banyak orang yang akan Anda temui langsung setelah mereka membaca blog Anda. Beberapa orang ini bisa menjadi teman atau rekan bisnis Anda.

13. Blog Bisa Menghasilkan Uang

Dengan blog anda bisa mengahasilkan uang, jika blog anda telah banyak memiliki pengunjung anda bisa memonetisasi blog anda agar bisa menampilkan iklan. Untuk bisa menampilkan iklan anda harus mendaftarkan blog anda terlebih dulu di  Google Adsense, Adnow, Chitika, dan lainnya.

Kembangkan blog anda dan tingkatkan pengunjung blog anda, semakin banyak pengunjung maka penghasilan anda juga akan berpotensi meningkat.

Banyak para blogger yang sukses mengembangkan blognya, mereka bisa menghasilkan uang jutaan hingga puluhan juta rupiah dari blog.

Nah bagaimana? Apakah anda sudah siap untuk memulai membuat blog.

Dengan alasan-alasan yang telah dijelaskan di atas, rasanya sangat rugi jika anda seorang yang suka menulis tapi tidak segera membuat sebuah blog.

Jadi, sebaiknya mulailah membuat blog dari sekarang.

Salam sukses.
Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment