5 Kunci Pertumbuhan Bisnis Dalam Persaingan Yang Ketat

Iklan 728x90

5 Kunci Pertumbuhan Bisnis Dalam Persaingan Yang Ketat

5 Kunci pertumbuhan bisnis
By: Fahmi Hakim
Founder (KelasBos Indonesia)


Kunci Pertumbuhan Bisnis. Pekan lalu, saya mengamati pola sukses dan pola bertumbuh dari perusahaan besar sekelas Nissan mobil dan Mitsubishi. Polanya sederhana, bahkan bisa Anda tiru. Walaupun memang perlu perjuangan..


Jadi ceritanya begini..


Belum lama ini (tepatnya pekan lalu), saya baru saja dari bengkel resmi mobil Nissan. Yup! Mobil yang saya gunakan selama beberapa tahun ini, adalah merk Nissan. Dan sudah jatuh cinta dengan brand tersebut. Memang begitulah customer ideal..


Kalau sudah klik dengan satu merk, sulit berpindah ke lain merk. Tentu saja ini butuh perpaduan antara produk yang memuaskan, layanan after sales yang terjamin, menjaga interaksi brand dengan konsumen, serta upaya branding.


Tapi lupakan soal branding.. Bukan ini bahasan kita sekarang.


.... Lanjut cerita bengkel yaa.


Saat di bengkel, saya sekaligus mengunjungi showroom mobil Nissan yang memang masih satu gedung antara bengkel dan showroom.


Dan menarik sekali, Nissan belum lama ini meluncurkan produk Grand Livina versi terbaru.


Model yang sudah bertahun-tahun tidak banyak berubah, kali ini berubah cukup banyak.. Bahkan hampir menyerupai Mitsubishi Expander.



Bahasan saya bukan tentang mobilnya yaa. Yang akan kita amati adalah pola sukses mereka.

Coba perhatikan yang dilakukan oleh Nissan. Mengapa perusahaan ini meluncurkan mobil Grand Livina versi terbaru dengan design yang hampir mirip dengan Mitsubishi Expander? Bahkan dari berita yang saya baca, Nissan mengakui menggunakan platform Expander sebagai bagian dari strategi pasar.


Jawabannya tentu saja : menghadapi perubahan, serta tetap bertumbuh ditengah persaingan yang sangat ketat.


Anda pernah mendengar pepatah yang mengatakan jadilah yang pertama, atau yang kedua? Ini rupanya masih berlaku di dunia persaingan bisnis.


Dalam study kasus ini, Mitsubishi menjadi nomor pertama melakukan inovasi pada Expander.. Lalu segera disusul oleh Nissan dengan produk Grand Livina versi terbaru. Yup! Nissan cukup cepat menerima perubahan.


Daripada ditinggal pasar? Lebih baik segera berubah.


Baca Juga:





Disamping itu, kita amati juga merk lain.. Seperti Daihatsu. Penjualannya juga meningkat pada tahun 2018. Prediksi saya, karena mereka meluncurkan versi terbaru dari mobil-mobilnya.


Justru sebaliknya, Toyota yang selama ini menjadi juara penjualan di Indonesia ternyata penjualannya menurun sebanyak 20 juta unit dalam 1 tahun.


Apa sebabnya? Dari prediksi saya, mereka sedikit telat melakukan inovasi.. Apalagi sejak kemunculan Expander yang mendongkrak penjualan Mitsubishi hampir 2x lipat.


Coba perhatikan.. Apa yang Anda pelajari dari kisah ini?


Untuk terus bertumbuh di era persaingan dan era perubahan yang begitu cepat, adalah : INOVASI

Itulah intinya. Pola yang saya pelajari dari perusahaan-perusahaan besar. Kata kunci utamanya ada pada INOVASI.

Setidaknya ada 5 kunci pertumbuhan atau perkembangan bisnis yang bisa kita tiru polanya sama-sama..

Berikut 5 Kunci Pertumbuhan Bisnis :

#1 Terus berinovasi

Yup! Bagi saya, inovasi adalah keharusan yang dilakukan oleh pebisnis (apapun bisnisnya), termasuk juga Anda. Tapi inovasi disini harus sesuai kebutuhan, keinginan dan permasalahan pasar. Jangan sampai berlebihan melakukan inovasi, ternyata pasar gak mau.


Inovasi ini bisa dilakukan jika Anda fokus menekuni bisnis Anda, memahami pasar, membaca data dan peluang yang ada diluar. Dan inovasi bisa dalam berbagai hal. Seperti yang dilakukan oleh Domino Pizza. Memang bentuk pizza begitu-begitu aja.. Mereka melakukan invovasi bentuk tidak terlalu banyak perubahannya.



Yang paling besar dilakukan oleh Pizza Domino adalah : pembelian secara online dan pesan antar. Sampai-sampai gerai Pizza nya saja gak ada tempat buat makan ditempat seperti Pizza Hut. Hanya ada kursi menunggu pesanan.


#2 Rilis produk varian baru / versi terbaru


Ini juga yang bisa Anda lakukan untuk terus bertumbuh di era perubahaan saat ini. Adalah dengan meluncurkan produk varian baru, seperti yang terjadi oleh Mitsubishi Expander..


Atau memperbarui versi lama menjadi versi terbaru, seperti yang dilakukan oleh Grand Livina. Livina hanya mengubah bentuk dan versi, tak perlu membuat varian produk baru.


Juga dilakukan oleh Apple. Terus berubah versi dari waktu ke waktu. Produknya? Sama aja.. iPhone, iPad, Macbook. Namun versinya? Terus terbaru, baru dan baru.


Daripada pasar berpindah ke merk lain?


#3 Analisa data & perubahan


Agar Anda mampu melakukan inovasi, perhatikan data penjualan dan data perubahan yang terjadi di dunia ini. Baca data penjualan Anda, produk mana yang terlaris.. Cari tahu kenapa produk tersebut laris?


Dengarkan apa yang paling banyak diinginkan oleh pembeli Anda? Sesuaikan produk Anda dengan keinginan mereka. Dan perhatikan pergerakan dunia.. Apa yang sedang terjadi? Saat ini sudah memasuki era DISRUPSI dan Industri 4.0 yang serba canggih. Apa yang akan Anda lakukan?


#4 Cepat merespon perubahan


Seperti yang terjadi pada merk Nokia, mereka merasa menjadi raksasa penjualan handphone. Padahal nyatanya, mereka lambat menerima perubahan dan inovasi. Akibatnya? Sejak lama, raksasa penjualan dunia sudah bukan lagi Nokia.


Tahun 2018, tercatat penjualan terbesar dunia dikuasai oleh Apple dengan 77 juta penjualan, menyusul Samsung dengan 74 juta penjualan, Huawaei, Xiaomi dan Oppo.


Jadi? Respon perubahan dengan cepat.


#5 Miliki mindset bisnis jangka panjang


Ini mindset yang penting Anda miliki. Agar terus bertumbuh, Anda harus fokus membangun bisnis jangka panjang. Bukan sekedar menjadi penjual yang hanya jangka pendek. Yang penting jualan, laku, tanpa membangun brand, tanpa mempersiapkan inovasi, tanpa memperhatikan pergerakan pasar.


Karena jika ini dibiarkan, dan hanya fokus menjual jangka pendek, maka dalam 5 hingga 10 tahun kedepan, Anda sedang tidak membangun apapun. Jangan biarkan ini terjadi..


Jadi, sekarang apa perubahan yang akan Anda lakukan?



  • Jika Anda saat ini posisinya masih reseller / dropshipper, tak masalah. Pilihlah brand produk / supplier produk yang melakukan inovasi.. Bukan yang begitu-begitu saja
  • Jika Anda saat ini belum mulai bisnis sama sekali, ayok segera bertindak. Mimpi besar tidak bisa dibangun hanya dari menghayal. Perlu pergerakan yang serius!



Terakhir, ini catatan dari saya :

"Perubahan itu pilar penting dalam perjalanan sukses.Pilihannya hanya dua : berubah atau punah!".

Nah, itulah kunci pertumbuhan dan perkembangan dalam bisnis yang bisa saya share kali ini.

Semoga bermanfaat

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment