FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Belajar COPYWRITING : 10 Teknik Menulis Copywriting Yang Menjual

Belajar COPYWRITING : 10 Teknik Menulis Copywriting Yang Menjual

10 teknik menulis copywriting
Apakah anda ingin meningkatkan omset penjualan hanya bermodalkan kata-kata?

Jika jawabannya "YA", maka anda wajib menguasai ilmu yang satu ini, yaitu ilmu Copywriting.

Apa itu Copywriting ?


Copywriting adalah seni dan ilmu menulis kata-kata yang digunakan khususnya pada halaman web, blog, landing page, iklan materi promosi, spanduk, banner, dll. Kata-kata yang dibuat bertujuan untuk mempromosikan produk atau jasa anda dan untuk menyakinkan calon pelanggan untuk mengambil tindakan atas penawaran anda dan menjadi menjadi pelanggan yang loyal.

Dalam dunia bisnis ilmu copywriting ini wajib dipelajari dan dikuasai. Terlebih lagi jika anda sedang menggeluti bisnis online.

Dalam bisnis online, tentunya anda tidak bisa bertemu secara langsung dengan customer anda untuk menawarkan dan menyakinkan kepadanya agar mau membeli produk anda.

Maka dari itu anda harus bisa membuat sebuah penawaran melalui tulisan yang mampu menarik perhatian calon customer anda.

Sayangnya, untuk meyakinkan customer dalam bisnis online bukanlah hal yang mudah. Anda harus benar-benar mampu menyentuh dan menggugah perasaan pembaca.

Tapi tenang saja, dengan teknik-teknik copywriting yang jitu anda akan bisa mengatasi masalah tersebut.

Itulah kenapa ilmu copywriting sangat diperlukan dalam bisnis online.
Setiap pebisnis online wajib memiliki ilmu Copywriting ini
Sebelum kita membahas tentang apa saja teknik dalam menulis copywriting, saya ingin memberi tahu kepada anda tentang sebuah formula agar anda bisa lebih mudah dalam membuat copywriting. Formula ini adalah Formula AIDCA.

Apa itu Formula AIDCA


A = ATTENTION

Anda harus bisa mendapatkan Perhatian pembaca sejak awal mereka membacanya. Caranya, anda bisa memberikan sebuah fakta yang menghentak, data yang mengagetkan, atau kalimat pertanyaan.

I = INTEREST

Setelah anda mampu mendapatkan perhatian pembaca, tugas anda selanjutnya adalah membuat TERTARIK untuk membaca lebih lanjut. pikirkan, bagaimana caranya agar pembaca berkata dalam hatinya, "Wow, Keren Banget", "ini Gua banget", dan sejenisnya.

D = DESIRE

Tugas anda selanjutnya adalah membuat pembaca merasa butuh dan ingin mendapatkan solusi dari yang anda tawarkan.

C = CONVICTION

Kemudian, anda harus membuat penegasan dan meyakinkan mereka bahwa apa yang baru saja anda sampaikan adalah benar.

A = ACTION

Terkhir, anda harus memastikan mereka benar-benar Melakukan apa yang anda minta.

Bagaimana, apakah anda sudah memahami formula AIDCA diatas?

Furmala itulah yang harus anda gunakan setiap anda membuat copywriting iklan atau promosi anda.

Sekarang kita lanjut kepembahasan berikutnya tentang apa saja teknik-teknik dalam membuat copywriting yang baik.

Berikut 10 Teknik Dalam Menulis Copywriting:


Dalam menulis Copywriting setidaknya ada 10 teknik atau trik yang bisa anda terapkan.

1. Teknik Copywriting STORY

Pada teknik ini anda membuat copywriting dalam bentuk cerita. Menulislah seakan-akan anda sedang bercerita kepada pihak ketiga. Sebisa mungkin anda membuat cerita yang mengalir dan sulit ditebak endingnya oleh pembaca.

2. Teknik Copywriting YOU & ME

Sesuai dengan namanya You & Me, pada teknik ini anda harus membuat sebuah tulisan atau copywriting dengan bahasa yang lebih komunikatif yang seolah-olah anda sedang berhadapan dan berbicara langsung dengan pembaca.

3. Teknik Cooywriting FORTRIGHT

Pada teknik ini anda tulisakan tentang Kelebihan dan Kekurangan produk yang ingin anda tawarkan. Tujuannya adalah untuk memperkuat isi pesan, dianggap jujur dan benar adanya.

4. Teknik Copywriting HIPERBOLIC

Berbanding terbalik dengan teknik Fortright Copy, Teknik ini menyajikan copywriting dengan cara Melebih-lebihkan, Lebay, dan Merasa Paling baik dibanding yang lain.

Cara ini boleh-boleh saja dilakukan, asalkan sesuai fakta dan bisa dipertanggungjawabkan.

5. Teknik Copywriting TEASER

Dalam teknik ini, copywriting yang dibuat menggunakan kata-kata atau kalimat yang seolah-olah Mengejek, Menantang, dan Menyepelekan pembaca.

6. Teknik Xopywriting NEWS PAGE

Pada cara atau teknik ini, copywriting yang dibuat dengan menggunakan kalimat dalam bentuk Berita atau Pengumuman. Tujuannya tentu untuk menginformasikan sesuatu.

7. Teknik Copywriting COMPETITIVE

Teknik ini dibuat dengan membandingkan produk anda dengan produk pesaing. Intinya, anda membandingkan Kualitas, Fitur, dan Benefit produk anda dengan produk Pesaing.

8. Teknik Copywriting FACTUAL

Pada tekink ini anda menyajikan copywriting dengan banyak bicara soal Data, Informasi, dan Fakta dari produk yang anda jual.

Teknik ini hampir mirip dengan teknik copywriting News Page. Perbedaannya terletak pada gaya bahasa dan pilihan kata yang digunakan. Factual Copy cenderung datar dan tidak mengandung unsur emosi.

9. Teknik Copywriting HUMOURUS

Sesuai dengan namanya, copywriting jenis ini bersifat Humor, Lucu, dan Menghibur pembaca. Tujuannya tentu agar mereka semakin nyaman dengan anda.

10. Teknik Copywriting VISUAL

Copywritiing bukan sebatas tulisan saja, copywriting juga bisa berbentuk Gambar (Visual). Dalam teknik ini lebih banyak menggunakan tampilan Visual dibandingkan kata-kata.

Gambar yang digunakan harus benar-benar menarik perhatian, dan ditambahkan kata-kata yang menarik di dalamnya.

Nah, itulah teknik-teknik menulis copywriting yang bisa anda terapkan. Jika anda ingin mempelajari tentang copywriting lebih dalam lagi, anda bisa mempelajarinya di buku Easy Copywriting, dalam buku ini anda akan mempelajari copywriting dari dasar hingga teknik-teknik copywriting yang jitu, dan banyak sekali contoh copywriting yang bisa anda tiru polanya.

Jika anda berminat untuk memiliki buku ini anda bisa membelinya di penerbitnya atau bisa langsung klik tombol dibawah ini:


Oke, Sekian dulu artikel kali ini, semoga bermanfaat.
Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

Post a Comment