FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page

Pengertian SEO On Page dan SEO Off Page

Pada artikel kali ini saya akan mencoba membahas tentang apasih Pengertian dari SEO On Page dan SEO Off Page. Jika anda seorang pemilik website/ blog dan sedang mempelajari tentang SEO anda pasti sering mendengar istilah SEO On Page dan SEO Off Page ini.
Pengertian seo on page dan off page
Untuk meningkatkan peringkat website / blog di mesin pencarian Google biasanya para pakar SEO menggunakan kedua teknik ini, yaitu:
  • SEO On Page
  • SEO Off Page
Lalu apasih sebenarnya yang dimaksud dengan SEO On Page dan Off Page ini, dan kenapa sangat penting untuk diterapkan pada website / blog?


Pengertian SEO On Page

Secara singkatnya adalah tekhnik atau cara mengoptimasi website yang dilakukan dari dalam website kita sendiri, 
contohnya :
  • Memperbaiki kecepatan website
  • Memperbaiki struktur website
  • Membuat konten yang sesuai dengan ketentuan Google
  • dan masih banyak lagi
Jadi apapun itu yang anda lakukan untuk memperbaiki atau mengoptimasi website dari dalam website itu sendiri, maka itu dinamakan dengan SEO On Page.

Apakah dengan menerapkan SEO On Page saja website kita bisa naik ke halaman satu google?


Jawabannya bisa saja, jika poin-poin yang disebut diatas tadi sudah terpenuhi dan ditambah dengan kata kunci yang pas dan konten yang berkualitas.


Di era sekarang ini optimasi yang dilakukan dari dalam website sangat penting. Sebuah website jika tidak dioptimasi dengan baik dan hanya mengandalkan off page / backlink saja sangat sulit untuk bersaing di halaman teratas google. Karena google sangat menyukai website dengan kecepatan yang baik, struktur website yang baik, dan juga konten yang sesuai dengan ketentuan google.


Baca Juga : Cara Meningkatkan SEO Dengan Konten


Ok kita lanjut ke topik berikutnya....



Pengertian SEO Off Page

Jika On Page adalah mengoptimasi dari dalam website sendiri, maka Off Page optimization ini kebalikannya yaitu Tekhnik atau cara untuk mengoptimasi sebuah website/ blog yang dilakukan dari luar website atau biasa disebut dengan backlink.

Dalam SEO, istilah off-page optimization mengacu pada faktor-faktor yang tidak berhubungan dengan halaman website Anda. Jika on-page SEO berhubungan dengan website seperti internal links, konten, dan keywords, maka off-page berhubungan dengan link building atau back linking.


Contohnya seperti ini:


Jika anda klik kata berikut ini --> SEO, anda akan dialihkan ke halaman lain, pada contoh ini saya menaruh link halaman pencarian google. Itulah yang dinamakan backlink, pada contoh ini berarti google yang mendapatkan backlink.


Sedangkan dalam Off page optimization ini yang kita butuhkan adalah link yang mengarah kedalam website kita. Semakin banyak website lain yang memberikan backlink ke website kita maka akan semakin baik dimata google, apalagi yang memberikan backlink adalah website yang besar dan berkualitas seperti wikipedia, facebook, twitter, dll.


Hanya saja anda perlu berhati-hati dalam menerapkan backlink, jika caranya salah website anda bisa kena hukuman dari Google, dampaknya website anda malah bisa menghilang dari mesin pencarian.


Jika anda masih pemula seperti saya, maka sebaiknya fokuslah dulu kepada SEO On Page, dan membuat konten yang berkualitas.


Nah itulah pengertian dari Seo On Page dan Off Page yang bisa saya share kali ini.


Sampai jumpa di artikel berikutnya :D


Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

4 comments

Post a Comment