FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Ini Dampak Penutupan Google+ Terhadap Pengguna Blogger

Ini Dampak Penutupan Google+ Terhadap Pengguna Blogger

Artikel kali ini akan membahas tentang Dampak Penutupan Google+ Plus Terhadap Pengguna Blogger. Informasi ini saya dapat dari Blog orang IT.

Mungkin anda sudah mendapatkan notifikasi pada produk-produk yang terintegrasi dengan layanan google+ plus bahwa layanan ini akan sepenuhnya diakhiri atau ditutup pada tanggal 2 april 2019 nanti. Rencana awal sih bulan agustus 2019 namun dimajukan lebih cepat setelah munculnya insiden 50 juta data privasi pengguna google plus yang bocor ketangan pihak ketiga.
Dampak penutupan google plus terhadap pengguna blogger
Google+ sendiri adalah jejaring sosial atau media sosial berbasis Internet yang dimiliki dan dioperasikan oleh Google . Jaringan ini diluncurkan pada Juni 2011 dalam upaya untuk menantang jejaring sosial lain seperti Facebook dan Twitter dan dirancang untuk menghubungkan produk-produk Google.
Layanan ini merupakan langkah ke empat Google membangun situs jejaring sosial, mengalami pertumbuhan yang kuat di tahun-tahun awalnya, meskipun statistik penggunaannya bervariasi, tergantung pada bagaimana layanan tersebut didefinisikan. Tiga eksekutif Google telah mengawasi layanan, yang telah mengalami perubahan besar yang mengarah ke pendesainan ulang pada November 2015.
Pada tanggal 2 April 2019, Google berencana akan mulai menghapus situs. Perusahaan mengutip keterlibatan pengguna yang rendah dan kelemahan desain perangkat lunak terbuka yang berpotensi memungkinkan pengembang luar mengakses informasi pribadi jutaan penggunanya

Penutupan google+ tentunnya memberikan dampak yang dirasakan oleh seluruh pengguna platform blogger, khususnya bagi mereka yang aktif dikomunitas atau mengintegrasikan profile blog ke layanan google plus. Secara perlahan google+ mengakhiri pengaruhnya dibeberapa layanan aplikasi.

Tepat pada tanggal 5 februari 2019 , diawal tahun baru cina kemarin . Google mengumumkan secara resmi melalui dashboard blogger yang isinya seperti ini :

"Sebagai tindak lanjut dari pengumuman penghentian Google+ API yang dijadwalkan akan dilakukan pada Maret 2019, sejumlah perubahan akan dilakukan pada integrasi Google+ di Blogger pada 4 Februari 2019.
Widget Google+: Dukungan untuk widget “Tombol +1”, “Pengikut Google+”, dan “Badge Google+” pada Tata Letak tidak akan tersedia lagi. Semua instance widget ini akan dihapus dari blog Anda.
Tombol +1: Tombol +1/G+ dan link berbagi Google+ di bawah entri blog dan pada menu navigasi akan dihapus.
Perlu diketahui bahwa jika menggunakan template kustom yang menyertakan fitur Google+, Anda mungkin perlu memperbarui template Anda. Harap hubungi supplier template Anda untuk mendapatkan saran.
Komentar Google+: Dukungan untuk komentar Google+ akan dinonaktifkan, dan semua blog yang menggunakan komentar Google+ akan dikembalikan ke menggunakan komentar Blogger. Sayangnya, komentar yang diposting sebagai komentar Google+ tidak dapat dimigrasikan ke Blogger dan tidak akan muncul lagi di blog Anda."


Seperti yang anda lihat bahwa dukungan google+ API akan dihentikan pada maret 2019 jadi beberapa widget blogger yang terhubung ke layanan google plus otomatis akan dikembalikan kepengaturan defaultnya.

Apa saja dampak penutupan google+ bagi pengguna blogger ?


1. Widget/badges/pengikut google+ tidak tersedia lagi

Beberapa widget google+ yang secara default telah ada pada menu blogger akan dikembalikan kenative blogger. Saya sedikit kasian dengan para bloger yang telah berjuang mengumpulkan follower google+ karena semua itu akan segera menghilang. 

Bagi anda yang menggunakan tema custom widget mengambil ID dari google plus siap-siap saja widget tersebut tidak berfungsi
Anda harus segera menghapus widget sosial share google+ , widget google+ follower dan google+ badges dari template anda

2. Komentar via google+ akan dikembalikan kekomentar blogger

Bagi anda yang selama ini menggunakan opsi komentar via google+ harus merelakan kehilangan banyak komentar berharga dari para pengunjung blog , semua komentar yang tersimpan dalam google+ tidak bisa dimigrasi/ di import kekomentar default blogger jadi pengguna hanya bisa pasrah menerima kenyataan ini.

Sebagai alternatifnya anda memiliki 3 opsi sekarang : menggunakan komentar disqus gratisan dengan resiko muncul iklan , kembali menggunakan komentar bawaan blogger default yang membosankan atau menggunakan komentar facebook meski terkesan tidak alami

Yang manapun pilihan , yakinlah itu pilihan terbaik untuk saat ini

3. Profil pengguna Google+ pada Blogger akan berubah menjadi "Unknow author"

Jika pada user profile/ profil pengguna di blogger anda menggunakan profile dari google plus , maka nama penulis artikel setiap posnya akan segera berganti menjadi "unknow author" atau "penulis tidak dikenal"

Sebaiknya anda kembali menggunakan profile blogger , caranya buka menu setelan > setelan pengguna > umum > profile pengguna pilih blogger

Klik edit kemudian lengkapi data profile blogger anda.

4. Sosial share google+ tidak akan berfungsi

Biasanya disetiap halaman artikel blog pasti ada fitur berbagi postingan lewat akun sosial media , salah satunya adalah google plus.

Bagi anda yang sering menggunakan google+ sebagai sarana untuk ngeshare aritikel anda, sekarang itu tinggal kenangan.

Anda harus mengeditnya ke akun lain atau segera menghapusnya agar tidak menyebabkan broken link

5. Kehilangan komunitas dan trafik

Bagi anda yang mengelola sebuah komunitas digoogle plus anda harus bersiap-siap kehilangan komunitas yang anda buat dimasa lalu. Silahkan diskusikan dengan anggota komunitas lain untuk mencari tempat yang baru. Mungkin melalui facebook , twitter , instagram atau telegram agar pertemanan berharga kalian tidak putus.

Beberapa bloger yang sebagian besar sumber trafiknya berasal dari google+ juga harus mencari alternatif lain , mungkin mulai sekarang bisa berbagi artikel terbaru kegroup facebook , linkedin, dsb

6. Widget notifikasi google plus hilang mulai 7 maret

Tanda lonceng dipojok kanan atas memberi tau anda mengenai kiriman terbaru dikomunitas google+ , pemberitahuan komentar , vote +1 , aktivitas berbagi pada kiriman anda . Semua itu akan berakhir pada 7 maret 2019

Anda tidak akan mendapat notifikasi lagi mulai sekarang , ucapkan selamat tinggal pada teman-teman anda dikomunitas google plus 

7. Kehilangan backlink dari google+

Banyak orang yang menawarkan jasa backlink google+ melalui tombol berbagi , +vote dan data situs dibagian profile
Berapa ya harganya ? saat saya cek disebuah penyedia jasa harganya segini :

50 GooglePlus/ Google+ Votes/ Like = Rp.50.000
100 GooglePlus/ Google+ Votes/ Like = Rp.90.000
200 GooglePlus/ Google+ Votes/ Like = Rp.160.000

Mungkin anda pernah membelinya ? itu akan sia-sia setelah google+ ditutup.

Jika google+ benar-benar ditutup , bagaimana nasib pengguna?

Ini tidak terlalu berdampak besar bagi pebisnis berkantong tebal yang iklanya sering muncul di google plus , namun ini sangat berpengaruh bagi pebisnis yang mengandalkan lalu lintas dari komunitas google plus

Nah itu dia beberapa dampak penutupan google plus terhadap pengguna blogger, memang dari awal sejak pengenalanya hingga saat ini jumlah peminat google+ semakin turun bahkan terbagi kebeberapa layanan sosial media populer lainya seperti whatsapp , telegram , pinterest , twitter dll mungkin anda mau menambahkan ? silahkan tulis di komentar.
Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

1 comment

  1. Akibat dari penutupan google plus yang sangat terasa bagi saya yaitu trafik pengunjung banyak mengalami penurunan. Padahal saya sangat senang jika banyak pengunjung dr sana karena bisanya mereka selalu memberi tanggapan dengan apa yang saya tulis.

    ReplyDelete

Post a Comment