Kopi Aceh, Salah Satu Kopi Terbaik Di Indonesia

Iklan 728x90

Kopi Aceh, Salah Satu Kopi Terbaik Di Indonesia

Aceh dikenal sebagai penghasil kopi terbaik di Indonesia.

Kopi adalah minuman yang tak sulit Kamu temukan jika berada di Aceh, Provinsi yang terletak di ujung barat dari Indonesia ini juga sudah terkenal di dunia untuk urusan minuman yang bisa menahan rasa ngantuk ini. Dan untuk Kamu yang mengaku pecinta kopi sejati, kopi khas Aceh ini sangat sayang jika tidak dicoba. 
Perbedaan kopi robusta dan arabika

Ada dua jenis kopi yang menjadi andalan Provinsi Aceh, yaitu kopi Robusta dan kopi Arabika.

Untuk Kamu yang belum mengerti apa itu Robusta dan Arabika
Berikut perbedaan antara kopi Robusta dan Arabika!
  • Dari segi bentuk, biji kopi Robusta lebih bulat dan Arabika cenderung lebih lonjong
  • Kopi Robusta memiliki rasa yang lebih kuat dan 'kasar' jika dibanding dengan kopi Arabika yang mempunyai karakter rasa yang lebih kaya
  • Kopi Robusta memiliki kandungan kafein yang lebih banyak dari pada Arabika, sehingga rasa Kopi Robusta lebih pahit


Salah satu Kopi Robusta andalan dari Aceh adalah kopi Ulee Kareng, cita rasa yang khas dengan mutu tinggi adalah keunggulan dari kopi yang lahir dari warisan keluarga ini. Terbuat dari biji kopi merah segar dataran tinggi Aceh yang diolah oleh Petani yang berpengalaman untuk menjadikan biji kopi ini lebih berkualitas. Kemudian biji kopi diproses dengan cara penggorengan (gongseng) dan digiling dengan ukuran standar kopi Ulee Kareeng. Pengemasan yang baik menjadikan kopi Ini terjaga kualitasnya hingga ke tangan konsumen.
Kopi Gayo adalah kopi paling terkenal pada jenis Arabika khas Aceh. Kopi ini menjadi sumber penghasilan utama tanah Gayo Aceh, jenis kopi ini dikenal kalangan luas dikarenakan mempunyai tingkat aroma yang lebih harum dengan cita rasa khas. Hingga saat ini kopi Gayo masih mempertahankan kualitasnya dengan menggunakan 100% kopi Arabika.
Jika Kamu memilih kopi yang cara penyajiannya unik bisa mencoba kopi tradisional khas Meulaboh yaitu Bakopi. Kopi ini lebih sering digunakan untuk penyajian kopi tarik dan kopi terbalik.

Dengan banyaknya varian kopi khas Aceh, sangat disayangkan jika tidak mencoba salah satu dari varian diatas.
Jadi, sudahkah Kamu meminum kopi hari ini?

Baca Juga
SHARE

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

Post a Comment