FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Cara Mudah Menghubungkan Domain TLD Ke Blogspot

Cara Mudah Menghubungkan Domain TLD Ke Blogspot

Cara mudah menghubungkan domain ke Blogspote
Halo sobat Blogger, di artikel kali ini saya akan membahas tentang cara mudah menghubungkan domain TLD seperti .com, .net, .id dan lainnya ke blogspot.

Saat kita pertama kali membuat sebuah blog di Blogger (Blogspot) atau platform lainnya, maka nama domain yang diberikan oleh penyedia layanan blog adalah nama blog kita plus subdomain dari platform blog tersebut.
Contoh : namaanda.blogspot.com 

Tampak kurang menarik dan kurang profesional bukan?

Maka dari itu untuk membuat nama blog menjadi lebih menarik dan profesional anda harus menggunakan Top Level Domain (TLD)  atau domain sendiri seperti contoh namaanda.com dan menghubungkannya ke blog anda.

Baca Juga: Cara Membuat Tombol Klik Keren di Blog


Bagaimana cara menghubungkan domain ke blog?

Mungkin bagi anda yang baru pertama kali membuat blog akan bingung bagaimana cara menghubungkannya, sama saya juga :D

Baik, tak perlu panjang lebar lagi sekarang kita langsung bahas cara menghubungkan domain.com ke blog yang kita punya.

Cara ini khusus untuk pengguna Blogger (Blogspot) 

Anda harus mempunyai domain sendiri terlebih dahulu, jika belum punya silahkan membelinya di NiagaHoster atau bisa langsung klik DISINI.
Kenapa saya menyarankan beli domain di NiagaHoster? karena cara mudah menghubungkan domain anda ke bloggspot bisa dari niagahoster ini.


Cara ini lebih khususnya untuk menghubungkan domain dari Niagahoster ke Blogspot. 

Oke, saya anggap anda sudah punya domain sendiri. Sekarang kita mulai cara menghubungkan domain anda ke blogspot.

Pertama, silahkan masuk ke dasbor blog anda, lalu pilih Setting / Setelan lalu pilih +Siapkan URL Pihak Ketiga Untuk Blog Anda. Lihat tanda panah merah pada gambar dibawah ini.


Tutorial menghubungkan domain ke blogspot

Selanjutkan silahkan masukan domain yang anda punya di kolom disediakan, jangan lupa tambahkan WWW. pada domain anda,  lalu klik Save / Simpan. Lihat gambar di bawah ini. 

Tutorial menghubungkan domain ke blogspot

Selanjutkan Anda akan menerima pesan error seprti gambar dibawah ini, Jangan khawatir ini normal dan memang seperti itu. Perhatikan gambar dibawah ini, lihat tanda panah merah, silahkan dicatat kedua kodenya untuk ditempatkan di settingan domain anda berikutnya. Sampai disini Jangan dulu klik Save, biarkan dulu seprti ini


Tutorial menghubungkan domain ke blogspot

Sekarang silahkan anda masuk ke akun tempat anda membeli domain, disini saya menggukan Niagahoster. Lalu pilih menu DNS management lalu pilih Custom Blogspot. Lihat gambar dibawah ini

Tutorial menghubungkan domain ke blogspot

Lalu anda akan diminta memasukan kode yang sudah didapat dari blogspot tadi (lihat gambar ke tiga /langkah nomor 5  diatas). Silahkan copy kodenya dan paste di kolom seprti gambar dibawah ini, lalu klik Save Change. 

Tutorial menghubungkan domain ke blogspot

Lalu hasilnya seprti gambar dibawah ini, dan artinya settingan domain anda sudah selesai. Tinggal tahap terakhir.

Tutorial menghubungkan domain ke blogspot

Setelah setting domain sudah selesai, selanjutnya kembali ke blogspot anda (lihat gambar ketiga / langkah kelima di atas) lalu klik Save atau Simpan. Selesai, domain anda telah berhasil dihunbungkan ke blogspot anda. 

Oh ya, hampir lupa setelah domain berhasil dihubungkan jangan lupa klik edit yang ada disebelah nama domain anda di blogspot, lalu centang pada kolom alihkan domainanda.com ke www.domainanda.com.

Nah, itulah cara mudah menghubungkan domain ke blog. Sekian dulu tutorial  kali ini, silahkan dicoba dan semoga bermaanfaat.

Jika ada pertanyaan silahkan bertanya di kolom komentar :D

Baca juga: Dampak Penutupan Google+ Plus Terhadap Penggguna Blogger

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

10 comments

Post a Comment