FfbrH7Hd32dBIzJfRUFjQOMyo355V6UzX2vYTtb5
Cara Cek Kecepatan Website Atau Blog Yang Akurat

Cara Cek Kecepatan Website Atau Blog Yang Akurat

Cara Cek Kecepatan Website atau Blog
Kecapatan loading sebuah website atau blog tentu juga menjadi faktor penting dalam meningkatkan SEO. Bagaimana tidak, google sangat merekomendasikan blog atau website dengan kecepatan loading yang baik.

Bayangkan, saat seseorang mengunjungi blog kamu dan ternyata loadingnya berat, apa yang akan terjadi? Klo saya pribadi, saya akan close dan mencari informasi dari blog yang lain. Kalau tidak ditangani dengan baik, loading yang berat akan berdampak buruk pada ranking blog kedepannya.

5 Alasan Penting Kecepatan Website Yang Baik


1. Pengunjung Tidak Sabar Untuk Mendapatkan Informasi

Di jaman yang yang serba cepat seperti sekarang ini, sangat disayangkan jika website anda masih lambat. Pengguna internet tidak sabar untuk mendapatkan yang mereka inginkan, baik itu mendapatkan informasi maupun untuk membeli produk.

Menurut riset Google, 53 persen pengguna internet Indonesia meninggalkan website yang loading nya lebih dari 3 detik.

2. Pengunjung Tidak Kembali ke Website yang Lambat

Sekali pengunjung tahu kalau website anda loading nya lama, kemungkinan besar mereka tidak kembali untuk mengunjungi website anda.

Berdasarkan survey KissMetric, 79 persen pengunjung tidak akan kembali mengunjungi website yang mereka anggap loading nya lama.

3. Menjawab Kebutuhan Pengguna Smartphone

Tidak bisa dipungkiri smartphone atau telepon pintar telah menjadi bagian tak pisahkan dari masyarakat Indonesia. Menurut riset Google 94 persen pengguna internet di Indonesia mengakses internet melalui smartphone.

Sebagai pemilik website anda harus menjawab tantangan ini dengan mengoptimasi kecepatan loading website di perangkat mobile.

4. Website Cepat Rangking Semakin tinggi di Google

Untuk menentukan ranking di hasil pencarian, Google menggunakan berbagai faktor. Salah satunya adalah kecepatan loading sebuah website. Semakin cepat loading website anda, semakin bagus nilai website anda di penilaian goole.

Faktor ini berlaku untuk hasil pencarian desktop dan mobile.

5. Website Cepat, Pengunjung Tumbuh Pesat

Meningkatkan kecepatan website tidak muncul tanpa tujuan. Seperti yang disebutkan pada poin 4 tadi, semakin cepat loading website, semakin bagus nilai website di pencarian google. Tentunya ini bisa meningkatkan pertumbuhan pengunjung website.

Selain itu website yang cepat juga membuat pengalaman pengunjung jadi lebih baik, sehingga memudahkan mereka untuk melalukan pembelian dan transaksi di website anda.

Jadi, kalau kamu memiliki blog atau website dan ingin mendapatkan posisi yang baik di google, maka pastikan juga blog punya kecepatan yang baik.

Pertanyaannya, bagaimana cara cek kecepatan website atau blog yang kita punya? Sebenarnya ada banyak tools yang bisa kita gunakan untuk cek kecepatan blog, tapi kali ini saya akan merekomendasikan dua tools yang paling umum dan banyak di gunakan oleh pengguna blog.


Berikut Tools Yang Bisa Kamu Gunakan Untuk Cek Kecepatan Website :


1. GTMetrix
Cek Kecepatan Blog Dengan GTmatrix
Tool ini sangat populer dan banyak digunakan oleh pengguna blog, cara menggunakannya juga sangat mudah, kamu langsung masukan url blog kamu dan klik analis, maka gtmatrix akan melakukan pengecekan terhadap blog. Sekarang coba perhatikan gambar di atas, itu adalah hasil dari tes kecepatan pada blog saya yang lain, hasilnya cukup memuaskan dengan skor 92%. Kalau ingin mencoba tools ini bisa langsung kunjungi websitenya



2. PageSpeed Insights
Cek Kecepatan Blog Dengan PageSpeed Insights
Kalau tools yang satu ini adalah bagian dari google sendiri (milik google) , yang memang disediakan oleh google untuk para pengguna blog yang ingin melakukan cek kecepatan blog atau websitenya.


PageSpeed Insights ini menampilkan hasil tes dalam dua versi yaitu versi Seluler dan Desktop, lebih bagus jika kedua versi mendapatkan skor yang sama. Coba lihat gambar diatas, hasil tes blog saya di versi desktop mendapatkan skor sempurna yaitu 100, sedangkan di versi seluler atau mobile skornya 82, masih cukup bagus. Sekali lagi kalau bisa kedua versi memiliki skor kecepatan yang sama saat di cek di PegeSpeed Insight ini.

Lalu Tools Mana Yang Lebih Bagus?

Keduanya bagus!

Tapi karena SEO identik dengan google, maka kebanyakan orang lebih percaya dan berpedoman dengan tools milik google. Yaitu PegeSpeed Insight.

Setelah mengetahui skor kecepatan loading blog, langkah selanjutnya adalah meningkatkannya jika skornya jelek dan mempertahankannya jika skornya bagus.
Usahakan skornya minimal 50-89, ini angka rata-rata kecepatan blog yang masih wajar.

Perlu diingat, jangan hanya terpaku pada kecepatan blog saja,  karena dalam SEO ada banyak faktor yang harus diperhatikan, seperti :

  • Riset Kata Kunci (Keyword) 
  • Pemilhan tema / template yang SEO friendly
  • Hingga penerapan backlink


Sekian dulu artikel kali ini,  Semoga bermanfaat.

Baca Juga
SHARE
Ady Kusanto
Blogger pemula yang masih belajar

Related Posts

Subscribe to get free updates

2 comments

Post a Comment